Bermanfaat dan Akurat

Pembiayaan di Sulawesi Selatan Tumbuh Positif Berkat Kredit Kendaraan

siaranrakyat,MAKASSAR,-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) melaporkan penyaluran pembiayaan tetap tumbuh positif di wilayah Sulawesi Selatan.

Kepala OJK Sulselbar, Darwisman menjelaskan pembiayaan saat ini lebih banyak disalurkan untuk kredit kendaraan bermotor hingga bulan Agustus 2024.

“Hal ini didukung oleh pertumbuhan pembiayaan kendaraan bermotor yang tumbuh 12,18 persen,” ungkapnya saat sambutan di Pameran Panin Rumah Idaman & Auto Show 2024 di Trans Studio Mall Makassar, Rabu (16/10/2024).

Dari 12,8 persen itu, sebagian besar penyaluran pembiayaan kredit kendaraan tersebut terpusat di Kota Makassar. “Masih terkonsentrasi di Makassar dengan pembiayaan terbesar pada jenis kendaraan bermotor roda empat baru,” jelas Darwisman.

Meski begitu, dia mengungkapkan pertumbuhan tersebut masih lamban. Meski tumbuh positif, namun kenaikannya hanya 0,42 persen year on year (yoy) pada posisi Agustus 2024.

Baca Juga :
OJK Sulselbar Dan TPKAD Sinergi Tingkatkan Inklusi Keuangan

“Penyaluran Kredit Pemilikan Motor (KPM) Perbankan di Sulsel pada posisi Agustus 2024 tercatat hanya tumbuh sebesar 0,42% (YoY). Perlambatan pertumbuhan KPM dipengaruhi oleh kontraksi sebesar -8,39 % pada kredit pemilikan sepeda motor,” ucap Darwisman.

Begitu juga dengan kredit macet atau non performing loan (NPL) yang terbilang besar. “NPL Perbankan pada penyaluran KPM tercatat sebesar 2,18%,” lanjutnya.

OJK Sulselbar, kata Darwisman, mendorong agar perusahaan pembiayaan berupaya menarik minat masyarakat dengan memberikan kemudahan dalam penyaluran pembiayaan. Sehingga, tren pertumbuhan positif terus terjaga.

“Semoga berbagai kemudahan akses pembiayaan baik melalui produk KPR dan KPM dapat menambah minat masyarakat untuk membeli rumah dan kendaraan bermotor,” tukasnya

Baca Juga :
Spesial Libur Sekolah, Vasaka Hotel Makassar Tawarkan Promo “Your Second Home”