Dispora Makassar Kumpulkan Mahasiswa dan Pelajar di Indonesia Adu Argumen dan Wawasan Kebangsaan

siaranrakyat, MAKASSAR – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar mengelar Makassar Youth Nasional Championship. Ada 22 tim dari seluruh Indonesia tampil pada kegiatan tersebut.

Kegiatan ini di gelar di Pinisi Point Mal Jalan Metro Tanjung, Tamalate, Kota Makassar. Mereka tampil memperlihatkan kemampuan mereka dalam melakukan debat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Andi Engka Bau Djemma mengatakan Dispora Makassar mengelar kegiatan tersebut sebagai salah satu wadah untuk mengapresiasikan diri bagi para siswa dan mahasiswi di seluruh Indonesia.

“Dengan kegiatan Makassar Youth Nasional Debate Championship
untuk menjadikan siswa dan mahasiswa memiliki pengetahuan Global,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Andi Engka Bau Djemma dalan keterangannya, Minggu (30/7/2024).

Engka menjelaskan mahasiswa dan siswa pelajar harus menjadi agen perubahan saat ini. Kemampuannya di butuhkan dalam memberi pemahaman dan edukasi.

“Kemampuan menganalisis dan membuat edukasi serta membentuk keyakinan dari argumen-argumen yang disampaikan,” jelasnya.

olehnya itu, kata mantan Sekertaris Dinas Pariwisata Kota Makassar menyebut pemuda di Indonesia mampu melihat lebih luas terkait perkembangan bangsa ini.

Baca Juga :
Xpora Indonesia International Challenge 2023: Tasya Farahnailah Singkirkan Unggulan Kelima

“Dengan diharapkan isu-isu yang nyata yang ada di bangsa Indonesia, harapkan siswa dan mahasiswa bisa menjadi SDM yang cerdas yang akan datang,” paparnya.

Founder Komunitas Kepemudaan di Kota Makassar Muda.In Andi Aisyah Tenriangke mengatakan kegiatan ini menjadi wadah bagi mahasiswa dan pelajar di Indonesia terkait isu lingkungan dan pembangunan

“Jadi kegiatan ini bisa jadi wadah pengembangan keterampilan debat anak muda dan juga menjadi wadah ajang menambah wawasan seputar isu lingkungan dan pembangunan,” katanya.

Kegiatan ini di ikuti 22 tim dari berbagai kampus dan sekolah ternama di Indonesia. Ada 55 juta total hadiah yang di siapkan pada kegiatan tersebut.

Untuk Universitas sendiri di ikuti
Universitas Pattimura Ambon, Politeknik Keuangan Negara,
Universitas Sriwijaya Palembang,
Universitas Mulawarman Samarinda termausk kampus terbama di Makassar Unhas, UNM dan UIN Alauddin Makassar.

Sementara untuk pelajar di ikuti oleh MAN 1 Polman, SMA 1 Bulukumba, SMA 1 Parepare, SMA 3 Polewali, MAN 1 Soppeng termasuk sekolah SMA ternama di Makassar yakni SMA 17 Makassar, MAN 1 Makassar dan SMA 9 Makassar.

Baca Juga :
Liga 2 Indonesia: Ridwan Saragih Mundur dari Pelatih PSMS

Inilah hasil pemenang:

Kategori Mahasiswa
Juara 1 Universitas Mulawarman (samarinda)
Juara 2 UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Juara 3 PKN STAN (Jakarta)

Kategori Pelajar
Juara 1 SMAN 1 Pangkep
Juara 2 SMAN 3 Polewali
Juara 3 SMAN 1 Bulkum