Internasional Office UIN Alauddin Makassar Jajaki Kerjasama dengan Universitas Chiba Jepang

siaranrakyat, MAKASSAR – Internasional Office UIN Alauddin Makassar menjajaki kerjasama dengan Universitas Chiba, Jepang.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya UIN Alauddin untuk memperluas jaringan internasional dan meningkatkan kualitas pendidikan serta penelitian.

Ketua Internasional Office UIN Alauddin, Dr. Serliah Nur, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Universitas Chiba.

“Kami sangat antusias dengan potensi kerjasama ini. Universitas Chiba memiliki reputasi yang sangat baik di bidang penelitian dan pendidikan, dan kami yakin kolaborasi ini akan membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak,” ujar Dr. Serliah.

Lebih lanjut, Dr. Serliah menambahkan bahwa Internasional Office akan terus mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri.

“Kami berkomitmen untuk memperluas wawasan dan pengalaman internasional bagi seluruh civitas akademika UIN Alauddin. Kerjasama dengan Universitas Chiba adalah salah satu langkah penting dalam mewujudkan komitmen tersebut,” jelasnya.

Dengan adanya inisiatif ini, pihaknya menunjukkan keseriusannya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat posisi di kancah internasional.

Baca Juga :
Unhas Sosialisasi Kartu Prakerja, Tampilkan Tren Perubahan Pekerjaan Global

“Semua pihak berharap kerjasama ini dapat segera terwujud dan memberikan dampak positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pungkasnya.

Kepala Laboratorium Center for Environmental Remote Sensing (Ceres) Universitas Chiba sekaligus sebagai Person in Charge (PIC) untuk Kerjasama Luar Negeri, Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, telah menyatakan kesediaannya untuk menerima kunjungan Rektor UIN Alauddin pada tanggal 10 Juli mendatang.

Kunjungan ini direncanakan setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UIN Alauddin dengan NAHA ( Nippon Asia Halal Associaton) , sebuah lembaga halal di Jepang.

Prof. Josaphat adalah salah satu pemegang paten antena mikrostrip, menyampaikan rasa terima kasih dan harapan yang besar terhadap rencana kerjasama ini.

“Kami menyambut baik inisiatif UIN Alauddin Makassar untuk menjalin kerjasama dengan Universitas Chiba. Kami berharap kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas akademik dan membuka peluang baru bagi mahasiswa dan staf pengajar dari kedua universitas,” kata Prof. Josh.

Baca Juga :
UIN Alauddin Makassar Kukuhkan Tiga Guru Besar

Kerjasama ini diharapkan mencakup berbagai bidang, termasuk pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, serta program pengembangan kapasitas.

Langkah ini sejalan dengan visi UIN Alauddin untuk menjadi universitas yang unggul dan berdaya saing internasional.