PT Vale Komitmen Rehabilitasi 200 Hektar DAS di Nusa Penida

siaranrakyat, BALI ? PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) melakukan penanaman pohon sebagai bagian dari rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di atas lahan seluas 200 hektar di Bukit Teletubbies, Desa Tanglad, dan Desa Sekartaji, Nusa Penida, Bali. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia 2024.

Penanaman pohon tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bali, Asisten Administrasi Umum Pemkab Klungkung, Kasdam IX/Udayana, Danrem 163/Wirasatya, Direktur Konservasi Tanah dan Air Ditjen PDASRH Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta pimpinan PT Vale.

Sebanyak 1050 bibit pohon seperti Beringin, Pulai, Gmelina, Flamboyant, dan Santen, serta tanaman HHBK seperti Kemiri, Jambu Mete, dan Manga, ditanam dalam acara ini. Penanaman pohon ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi DAS sebagai pengatur tata air dan menghasilkan komoditas non-kayu demi keberlanjutan ekosistem hutan.

Vice President Director PT Vale, Adriansyah Chaniago, menegaskan bahwa kegiatan ini sejalan dengan nilai-nilai perusahaan yang mengutamakan keseimbangan People, Profit, dan Planet (3P). Selain rehabilitasi di area operasional, PT Vale juga berkomitmen menjalankan program keberlanjutan di luar area konsesi agar kampanye menjaga lingkungan dapat digaungkan di seluruh Indonesia.

Baca Juga :
New Year’s Eve Celebration “Retro Revival” Back to 80’s di Hotel Gammara Makassar

Adriansyah menyebutkan bahwa PT Vale telah merehabilitasi total 29,975 hektar lahan di lima provinsi, dengan 10,435 hektar yang sudah ditanami. Di Nusa Penida, PT Vale berkomitmen merehabilitasi 200 hektar lahan, dengan tambahan 300 hektar di Buleleng.

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hartono menyatakan bahwa program ini sejalan dengan program TNI AD Bersatu dengan Alam untuk NKRI. Sementara itu, Zainal Airifin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melihat kegiatan ini sebagai contoh yang dapat diikuti di daerah lain.

Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bali I Made Teja mengapresiasi upaya PT Vale dan berharap kerja sama ini dapat dilanjutkan untuk menjaga kualitas lingkungan.

Baca Juga :
Maret Berkah Ramadhan, Astra Motor Sulawesi Selatan Beri Potongan Tenor Sampai Lima Kali

Asisten Administrasi Umum Pemkab Klungkung Dewa Gde Mahendra juga berterima kasih atas partisipasi PT Vale dalam menghijaukan Nusa Penida dan berharap kawasan hijau ini tetap terjaga.