Bermanfaat dan Akurat

FK Unhas Gelar Workshop AI untuk Pengajar dalam Konferensi THEME 2024

siaranrakyat, MAKASSAR – Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) menggelar Pre-Conference Workshop dengan tema Artificial Intelligence (AI) for Educators.

Workshop ini merupakan rangkaian acara dari The 3rd Technology Enhanced Medical Education (THEME) International Conference yang berlangsung selama tiga hari, dari 26 hingga 28 September 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Senat lantai 2 FK Unhas, diikuti oleh para dosen pengajar dari berbagai program studi di Fakultas Kedokteran.

Workshop ini dipandu oleh Dr. Nik Mohd Rizal Bin Mohd Fakri, salah satu pemateri dari Universitas Sains Malaysia.

Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan, “Saat ini, dalam penggunaan sains komputer, terutama di industri otomotif, kita melihat penerapan robotik dalam proses pembuatan mobil. Robotik mempermudah produksi mobil, namun ketika berbicara tentang AI, sebenarnya AI idealnya digunakan di masa depan, dengan harapan AI bisa berpikir seperti manusia. Seperti yang digambarkan dalam film Marvel, robot-robot tersebut bahkan memiliki emosi.”

Baca Juga :
Mahasiswa Unhas Penerima Hibah Riset Unesco-Tanoto Foundation Gelar Lokakarya

“Pembelajaran mesin merupakan bagian penting dari AI, di mana mesin dilatih untuk membuat prediksi atau keputusan berdasarkan data yang diberikan. Dalam beberapa hal, pembelajaran mesin menjadi teknik utama untuk mencapai kecerdasan buatan. Sebagai contoh, beberapa robot dapat mengenali teks dan mengubahnya menjadi bahasa yang sangat spesifik,” lanjut Dr. Nik Mohd Rizal.

Sesi kedua workshop ini diisi oleh Dr. Muhd Al-Aarifin Bin Ismail, rekan dari Universitas Sains Malaysia.

Dalam sesi ini, Dr. Muhd Al-Aarifin membagi peserta menjadi beberapa kelompok dan memberikan tugas untuk membuat materi pengajaran menggunakan ChatGPT.

Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka, dan Dr. Muhd Al-Aarifin memberikan masukan untuk meningkatkan pemanfaatan ChatGPT dalam pembelajaran.

Baca Juga :
Pascasarjana UIT Gelar International Generale Stadium secara Luring dan Daring.