4 Alasan Anda Harus Rajin Makan Sayur

JAKARTA, siaranrakyat – Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang memberikan banyak manfaat kesehatan penting bagi tubuh Anda. Sayuran seperti wortel dikenal sangat tinggi vitamin A, yang berperan penting dalam kesehatan mata seiring bertambahnya usia.

Selain itu, ada berbagai manfaat sayur untuk tubuh yang dikutip dari WebMD.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Sayuran adalah sumber serat makanan yang baik, sejenis karbohidrat yang membantu melewatkan makanan melalui sistem pencernaan Anda.

Studi menunjukkan bahwa serat juga dapat meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh, yang berpotensi meningkatkan tingkat energi harian Anda.

Menurunkan Tekanan Darah Rendah

Banyak sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, dan lobak mengandung potasium. Kalium membantu ginjal menyaring natrium dari tubuh dengan lebih efisien, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Baca Juga :
Cek Kesehatan Gratis di Bara Baraya Utara, Ini yang Disampaikan dr Fahrizal Arrahman Husain

Sayuran berdaun hijau juga mengandung vitamin K, yang dipercaya dapat mencegah penumpukan kalsium di arteri Anda. Hal ini dapat menurunkan risiko kerusakan arteri dan membantu mencegah banyak komplikasi kesehatan jantung di masa depan.

Mengontrol Diabetes

Sayuran sangat tinggi serat, yang dibutuhkan untuk pencernaan yang optimal. Sayuran memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga gula darah Anda tidak akan naik dengan cepat setelah makan.

American Diabetes Association merekomendasikan setidaknya 3 hingga 5 porsi sayuran non-tepung seperti brokoli, wortel, atau kembang kol per hari.

Sayuran-sayuran ini dapat anda olah dalam berbagai cara agar tidak bosan dan pastikan untuk selalu mendapatkan sayuran yang seimbang setiap harinya.(wol/okezone/eko/d2)

Baca Juga :
MSD bersama Kemenkes Dorong Penguatan Kesadaran Masyarakat untuk Cegah Kanker Serviks di Indonesia