Aksi Donor Darah Pegawai Perumda Pasar Makassar Kerjasama UPT Transfusi Darah Dinkes Provinsi Sulsel

siaranrakyat, MAKASSAR – Perumda Pasar Makassar bersama UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar aksi donor darah yang dilaksanakan di Kantor Perumda Pasar Makassar. Jumat (08/03/2024). Kegiatan ini merupakan pertama kali dilaksanakan melalui Bidang Kerjasama Perumda Pasar.

Direktur Umum Perumda Pasar, Muhajir SE mengatakan sangat mengapresiasi kerjasama yang dilaksanakan ini. Mengingat kebutuhan darah masyarakat sangat urgent. “Kami apresiasi karena ini menyangkut kebutuhan masyarakat yang sangat urgent. karena setetes darah untuk korban sangat berarti buat mereka yang membutuhkan.” Ujarnya.

“Olehnya itu, sebagai permulaan aksi donor darah ini kami himbau kepada seluruh jajaran pegawai khususnya di kantor pusat untuk berpartisipasi menyumbangkan kan darahnya,” lanjut Emil sapaan akrab Muhajir.

Sementara Koordinator Tim Transfusi Darah Dinkes Provinsi Sulsel, Hasriani Harun mengatakan, sangat berterimakasih atas kerjasama yang terjalin ini. Dengan harapan kiranya dapat berkesinambungan demi kemanusiaan.

“Alhamdulillah kami apresiasi dan terima kasih kepada Perumda Pasar Makassar yang telah melaksanakan kegiatan donor darah dengan kami UPT Transfusi Darah Dinkes provinsi Sulsel. Kami berharap kegiatan ini tetap berkesinambungan dan di rutinkan setiap 2 bulan, karena sangat membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Baca Juga :
Supaya Tampak Awet Muda, Ini Tips Menghilangkan Kerutan di Area Mata

Lebih lanjut dikatakan bahwa Donor itu selain menyelamatkan jiwa seseorang juga baik untuk kesehatan dan menjadi gaya hidup sehat.

“Donor darah memiliki banyak manfaat yaitu menyelamatkan jiwa, dimana bisa meningkatkan harapan hidup seseorang, Menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan kolesterol , menurunkan risiko kanker, dan mendeteksi penyakit menular. Kami harapkan Donor darah bisa menjadi bagian dari gaya hidup kita kedepannya.” Pungkasnya.

Selain itu disarankan kepada masyarakat agar sebelum mendonor sebaiknya masyarakat tidak begadang minimal 6 jam waktu tidur, HB tidak rendah dan juga Berat badan memadai, Tekanan Darah tidak tinggi dan juga tidak rendah, tidak sedang alergi, dan tidak minum obat Antibiotik.

Baca Juga :
Prof Ridha Ajak Kaum Ibu Kurangi Angka Kematian Akibat Kanker Payudara di Indonesia