5 Makanan Untuk Menurunkan Gula Darah, Apa Saja?

JAKARTA, siaranrakyat – Gula darah yang tinggi bikin badan tak nyaman, selain itu juga buruk bagi kesehatan. Gula darah yang tinggi bisa memicu terjadinya penyakit diabetes.

Oleh karena itu segera kurangi berbagai makanan dan minuman manis. Sebab semua itu bisa meningkatkan gula darah pada tubuh. Namun jangan khawatir, ada beberapa makanan untuk menurunkan gula darah dikutip dari Healthline.

1. Makanan laut

Makanan laut termasuk ikan dan kerang ternyata menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang berharga dalam membantu mengatur kadar gula darah. Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah. Ini membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan, serta meningkatkan perasaan kenyang.

2. Labu

Labu adalah pilihan tepat untuk pengaturan gula darah, faktanya labu digunakan sebagai obat diabetes tradisional di banyak negara seperti Meksiko dan Iran. Labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida, yang telah dipelajari potensinya dalam mengatur gula darah.

Baca Juga :
Cari Solusi Kulit Sehat dan Tubuh Optimal, iLucent Aesthetic Medan Beri Tips Ini

3. Kimchi

Makanan fermentasi seperti kimchi dikemas dengan senyawa yang meningkatkan kesehatan, termasuk probiotik, mineral, dan antioksidan, dan memakannya telah dikaitkan dengan peningkatan gula darah dan sensitivitas insulin.

4. Biji chia

Makan biji chia dapat membantu mengontrol gula darah. Penelitian telah mengaitkan konsumsi biji chia dengan penurunan kadar gula darah dan peningkatan sensitivitas insulin.

Sebuah penelitian pada 15 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa peserta yang menerima 1 ons (25 gram) biji chia tanah bersama dengan 2 ons (50 gram) larutan gula mengalami penurunan kadar gula darah sebesar 39%, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsinya.

5. Brokoli

Salah satu sayuran yang dapat menurunkan gula darah adalah brokoli. Dalam brokoli terdapat sumber glukosinolat yang dapat meningkatkan sesitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2. (wol/eko/d2)

Baca Juga :
Kemenkes Imbau Masyarakat Kembali Pakai Masker Untuk Antisipasi Peningkatan Covid-19