Aktivitas ONS Bisa Picu Risiko Cacar Monyet, Waspadalah!

siaranrakyat – Kasus cacar monyet sudah menyebar di luar Jakarta. Bandung, Jawa Barat kini menjadi kota yang melaporkan kasus tersebut.

Ya, satu pasien cacar monyet terkonfirmasi Dinas Kesehatan Bandung, Jawa Barat. Pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki, usia 36 tahun.

Kejadian ini tentunya harus menjadi perhatian bersama bahwa cacar monyet sudah menyebar di luar Jakarta. Perilaku hidup sehat diperlukan untuk mencegah penyakit ini, termasuk tidak melakukan hubungan seksual dengan orang asing atau ‘one night stand’ (ONS).

Terlebih, menurut Ahli Kesehatan dr Dicky Budiman, perilaku ONS berisiko tinggi menjadi faktor risiko cacar monyet.

Cacar Monyet

“Iya benar, ONS itu berisiko menyebarkan cacar monyet,” kata dr Dicky saat dihubungi MNC Portal, Rabu (1/11).

Baca Juga :
The Reiz Suites, ARTOTEL Curated – Medan Gandeng Komunitas Lari RUNMDM untuk Dorong Gaya Hidup Sehat

Kenapa bisa begitu, karena cacar monyet sendiri dapat menyebar lewat sentuhan langsung. Jika pasangan ONS punya lesi cacar monyet, maka kemungkinan besar virusnya menyebar.

Lebih lanjut, ONS tidak hanya berisiko sebabkan cacar monyet, tapi juga penyakit menular seksual (PMS) hingga HIV.

“Ya, ONS itu juga berpotensi jadi penyebar PMS dan HIV,” tutur dr Dicky.

Beberapa penyakit menular seksual yang terkait dengan ONS antara lain chlamydia, gonore, sifilis, hingga trikomoniasis. Jadi, sangat direkomendasikan untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan orang asing karena bahaya bagi kesehatan ada di depan mata.

Sebagai informasi, kasus cacar monyet keseluruhan berjenis kelamin laki-laki. Gejala yang dihadapi antara lain demam tinggi, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri tenggorokan, myalgia, ruam, dan sulit menelan. (wol/pel/d2)

Baca Juga :
3 Cara Sederhana Ini Efektif Usir Tumpukkan Lemak di Tubuh