Angkat Tema Lingkungan, Unibos Sambut 3000 Mahasiswa Dengan Semarak dan Meriah

siaranrakyat, MAKASSAR – Universitas Bosowa (Unibos) Menggelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru ( PKKMB) 2023 bertajuk Sirkular “Sesi Orientasi Kehidupan Perkuliahan dan Lingkungan Belajar”, Kamis 14/09/2023.

Hingga kini tercatat 3000 Mahasiswa memadati Pelataran Universitas Bosowa dibawah tenda terbentang dari Pintu Masuk Unibos ke Depan Gedung 2 Unibos, melintasi Balai Sidang.

Pagelaran PKKMB ini merupakan yang terbesar dan pertama dilakukan dengan Tema Lingkungan, serta melibatkan Volunteer Sobat Pilah Sampah untuk gerakan peduli lingkungan.

Kepanitiaan diinisiasi oleh seluruh Civitas Akademika Unibos yang diketuai oleh Zulkhair Burhan, S.IP, M.A (dosen Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik).

Adapun pembacaan Surat Keputusan Rektor Unibos tentang Nama Mahasiswa Baru Universitas Bosowa 2023 oleh Vice Rector for Accademic and Student Affairs, Prof. Dr. Haeruddin Saleh, S.E, M.Si.

Dalam pembacaannya, dideteksi bahwa Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis berjumlah 443 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 220, Fakultas Hukum sebanyak 266, Fakultas Psikologi sebanyak 340, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra sebanyak 224, Fakultas Kedokteran sebanyak 135, Fakultas Teknik sebanyak 895, Fakultas pertanian 195 dan Pasacasarjana sebanyak 282.

Pengukuhan Mahasiswa baru dikukuhkan langsung oleh Rektor Unibos, Prof. Dr. Ir. Batara Surya, S.T, M.Si disertai penyematan almamater kepada 9 orang mahasiswa baru perwakilan masing masing Fakultas.

Dalam laporan Ketua Panitia, Zulkhair Burhan, S.IP, M.A terkait Tema PKKMB yang mengusung isu lingkungan.

“Kami bersepakat menamai inisiatif ini dengan nama SIRKULAR, akronim dari Sesi Orientasi Kehidupan Perkuliahan dan Lingkungan Belajar yang juga merupaka sebuah istilah yang diadopsi dari studi ekonomi sirkular yang menekankan pada pentingnya keberlangsungan lingkungan hidup dan bertujuan agar sumberdaya yang dimiliki saat ini dapat dikelola optimal dan turut bermanfaat bagi generasi mendatang,” jelas Zulkhair Burhan.

Baca Juga :
Unhas akan Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Konsorsium Perguruan Tinggi Kawasan Timur Indonesia

Diakhir sambutannya, Zulkhair Burhan juga menyampaikan pesannya kepada mahasiswa baru.

“Akhirnya, seperti sedianya sebuah penyambutan, SIRKULAR 2023 ini adalah uluran tangan kami kepada kawan-kawan mahasiswa baru 2023 untuk bersama-sama berlayar menemukan beragam kemungkinan-kemungkinan baik di kampus Universitas Bosowa. Tentu tak akan selalu mudah, tapi bukankah pelayar yang handal tidak lahir dari ombak yang tenang,” pungkasnya.

Selain itu, Rektor Universitas Bosowa, Prof. Dr. Ir. Batara Surya, S.T, M.Si turut menyampaikan sambutannya dan ungkapan selamat datang nya kepada 3000 Mahasiswa Baru Unibos yang dikukuhkan.

“Selamat datang 3000 Mahasiswa Baru dari total 10.000 pendaftar online, Sebagian besar masuk kategori generasi Z dan sebagian lagi masuk ke generasi Y, hal ini dasarkan pada asumsi masing masing mereka tumbuh didalam era informasi yang sangat pesat, dari sini Saya menghimbau ananda agar menjadi mahasiswa yang fokus pada inovasi dan prestasi,” jelas Prof. Batara.

Diakhir sambutannya, ia berpesan bahwa Jika Allah bisa mengubah siang menjadi malam, maka yakinlah Allah juga bisa mengubah lelahmu menjadi berkah.

“Sebelum berlomba dengan orang lain, maka berlombalah dahulu dengan dirimu sendiri, Teruslah melangkah meski itu pelan karena dengan melangkah akan menjadikan kita semakin dekat dengan tujuan dan prestasi yang diinginkan,” pesan Prof Batara.

Tak lupa, Asrul Hidayat juga memberikan sambutan dan ungkapan Selamat Datang nya kepada 3000 Mahasiswa Baru.

“Akan Ada banyak riak riak yang harus dilalui tapi percayalah dengan di unibos akan membawa kita untuk berjiwa entrepreneur, berwawasan global dan berdaya saing, dan Adik adik percayalah bahwa dengan pendidikan formal pasti apa yang kamu rencanakan akan menjadi langkah nyata bagi kita, suatu keniscayaan bahwa kita hrus bisa merancang masa depan, jadilah mahasiswa yg proaktif yaitu mahasiswa yang dapat melihat masalah dari banyak sudut pandang,” pungkasnya.

Baca Juga :
Riak Potensial Poltekbos, Berikan Semangat dan Warna Baru

Sebagai penutup pembukaan PKKMB Unibos 2023, ditampilkan dram musikal yang mengilustrasikan Lingkungan dan Pemanasan Global yang semakin membutuhkan perhatian kita bersama, penampilan ini diinisiasi oleh Perwakilan Mahasiswa Baru terpilih dan berbakat dalam puisi dan bernyanyi.

Penampilan bakat Mahasiswa Baru menambah semarak dan meriahnya Penyambutan PKKMB Unibos 2023 ini ditandai dengan seluruh panitia dan 3000 mahasiswa baru turut bernyanyi “Heal the World” yang ditampilkan bersama drama musikal.