Bekali Mahasiswa Baru dengan Soft Skill Prodi PGMI FTK UINAM Lakukan Pelatihan

siaranrakyat, Makassar- Prodi Pendidika Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar menggelar pelatihan soft skill bagi mahasiswa baru 2023 Sabtu, 2 September 2023.

Kegiatan yang digelar di Lt Barat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UINAM secara offline diikuti 76 orang mahasiswa baru dan menghadirkan Bapak Muh Anwar. HM sebagai narasumber, beliau adalah dosen tetap FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, juga sebagai Kepala Perpustakaan FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang saat ini menjabat sebagai CEO ITMT Indonesia.

Pelatihan soft skill bertemakan “Tips dan Trik Menjadi Mahasiswa di Kampus? dibuka langsung oleh Ketua Prodi PGMI, Dr. Usman M Pd, mewakili Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr. H. Andi Achruh, M.Pd.I, dan yang bertindak sebagai moderator pada kegiatan kali ini adalah Sekretaris Prodi PGMI, ibu Dr. Rosdiana Rasyid, M.Pd.I

Baca Juga :
Buka Kegiatan Festival Literasi dan Numerasi, Abd. Rauf, S.Pd Sampaikan Ini.

Dalam sambutannya, Kaprodi PGMI menerangkan pentingnya mengasah soft skil. ?Pada beberapa fakultas dan universitas terkemuka di Indonesia, sudah menjadikan training soft skills ini sebagai suatu keharusan bagi setiap mahasiswanya,” ujarnya. Dia menerangkan nilai akademik tidak menjamin kesuksesan seseorang jika soft skill lemah.

?Walaupun nilai akademik hebat tetapi soft skillsnya jelek maka tidak dapat sukses karena tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Nilai akademis yang bagus tidak menjamin akan sukses. Oleh karena itu soft skill sangat dibutuhkan,” terangnya.
“Jika anda diminta untuk menggantikan posisi bos anda dengan harus mempresentasikan di depan banyak orang, setelah lulus dari UIN, maka mahasiswa harus siap menghadapi realita pekerjaan,? sambungnya.

Oleh karenannya, Dr Usman berharap prodi-prodi kecil harus menampakan diri dengan sering-sering membuat acara seminar atau pelatihan sehingga dapat dikenal oleh masyarakat. (Anwar)

Baca Juga :
Poltekpar Makassar Gelar Bimtek Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara