Berdayakan Pengusaha Lokal, Pemko Binjai Apresiasi UMKM Expo KAHMI Sumut

BINJAI, siaranrakyat – Perhelatan UMKM Expo digelar Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sumatra Utara (Sumut) pada tanggal 23-24 September 2023 di Lapangan Merdeka Kota Binjai.

Acara ini berlangsung semarak dan disambut antusias kalangan pengusaha lokal.

Terkait hal itu, Pemerintah Kota Binjai melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Irwansyah Nasution, mengapresiasi UMKM Expo yang digelar KAHMI Sumut, dalam rangkaian perayaan Milad ke-57 KAHMI.

Menurut Irwansyah yang hadir mewakili Wali Kota Binjai, Amir Hamzah, pelaksanaan UMKM Expo sangat membantu pelaku UMKM khususnya, untuk kembali bangkit pascapandemi.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada MW KAHMI Sumut. Sebab, dengan hadirnya UMKM Expo ini membuat UMKM di Binjai ini semakin bergairah dalam produksinya dan UMKM yang mayoritas diproduksi rumahan bisa terus tumbuh,” ujar Irwansyah, dalam keterangan tertulis, Senin (25/9).

Sementara, Ketua MW KAHMI Sumut, Rusdi Lubis mengatakan, MW KAHMI di Sumut bertekad tampil beda dengan provinsi lainnya, demikian juga KAHMI di Kota Binjai dan kabupaten/ kota lainnya di Sumut.

“Dengan tampil beda di periode ini, sehingga KAHMI ini bisa disebut hebat. Selanjutnya menjadi penyemangat bagi pengurus periode selanjutnya untuk terus berbuat,” ujar Rusdi Lubis.

Rusdi juga menyebutkan dalam menyambut Milad kali ini, MW KAHMI Sumut meluncurkan 17 buku yang merupakan refleksi dan dokumentasi berbagai acara/kegiatan selama tiga tahun masa kepengurusannya.

Baca Juga :
Penjelasan 6 Fakta Utang Indonesia Turun Lagi

Ada sebanyak 500 kegiatan yang pernah digelar dan telah menghasilkan karya sebanyak 34 buku, yang ditulis Sekretaris Umum MW KAHMI Sumut, Dadang Darmawan. Beberapa judul buku yang diluncurkan di antaranya Urgensi Surat Keputusan.

Buku ini berisi tentang Dokumentasi 24 Surat Keputusan Majelis Daerah dari seluruh Sumut, selanjutnya Koordinasi Majelis Daerah, berisi tentang Pelaksanaan Kegiatan Rakorwil I KAHMI Sumut Oktober 2022.

Sebab, bagi kami di KAHMI sangat memegang teguh filosofi, janganlah menulis di atas air, melainkan tulislah di atas batu.

“Filosofi ini memiliki makna, janganlah hal baik ditulis di atas air, sebab tulisan itu akan sirna dibawa arus air. Tapi ingatlah, hal-hal yang baik harus dituliskan di atas batu sehingga akan ada kenangan bagi penerus selanjutnya,? ujar Rusdi.

Sementara, Ketua Panitia, Leriadi, melaporkan, pelaksanaan UMKM Expo yang melibatkan lebih dari 70 pelaku UMK lokal, tak hanya dari Binjai, tapi juga dari Langkat dan Medan.

?Pada UMKM Expo ini ada sebanyak 70-an pelaku UMKM yang membuka stan, mulai dari makanan minuman, handicraft, pakaian jadi, dan lainnya. Para pelaku UMKM ini sengaja kami undang karena sesuai tema milad KAHMI tahun ini,? ujar Leriadi.

Selain UMKM Expo, tambah Leriadi, juga digelar kegiatan lain yang memberi dampak bagi masyarakat sekitar seperti jalan santai, potong rambut gratis, juga launching buku.

Baca Juga :
Jelang Akhir Pekan, Harga Beras Hingga Cabai Masih Kompak Naik
Berdayakan Pengusaha Lokal, Pemko Binjai Apresiasi UMKM Expo KAHMI Sumut
(HO/KAHMI Sumut)

Pembukaan KAHMI Expo dihadiri Ketua MD KAHMI Binjai Herry Dani, Presidium Forhati Sumut Yenny Susanti Siregar, Serasi Malem Sitepu, Sulfia Dewi Rambe dan sejumlah pengurus KAHMI Sumut di antaranya seperti Muazzul, Aja Syahri, Agus Salim Ujung, Fadhil Azhar, juga Ismael Marzuki.

Milad ke-57 KAHMI di Kota Binjai ini merupakan salah satu dari banyak perayaan milad oleh MW dan MD KAHMI di berbagai lokasi di Indonesia. Kementerian Kominfo, dalam hal ini Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, turut serta menyebarkan informasi ini sebagai dukungan informasi ke masyarakat luas. (wol/rls/pel/d1)

Editor AGUS UTAMA