Berita Duka: Franz ‘Der Kaiser’ Beckenbauer Meninggal Dunia

MUNICH, siaranrakyat – Dunia sepakbola berduka seiring kabar Franz Beckenbauer meninggal dunia, Senin (8/1) malam. Legenda sepakbola Jerman yang biasa dijuluki Der Kaiser wafat di usia 78 tahun.

“Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan suami saya dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya kemarin, Minggu, dikelilingi oleh keluarga,” begitu isi pernyataan resmi keluarga Beckenbauer dikutip dari twitter, Selasa (9/1).

“Kami meminta Anda menyampaikan duka cita dalam sunyi dan menahan diri untuk tidak bertanya apa pun,” pungkasnya.

Beckenbauer merupakan salah satu legenda terbesar dalam sepakbola Jerman. Bersama Timnas Jerman Barat (kini Jerman), Der Kaiser mengangkat trofi Euroa 1972 dan Piala Dunia 1974. Sebagai pelatih, Beckenbauer mengantarkan Jurgen Klinsmann cs juara Piala Dunia 1990.

Baca Juga :
Final Soeratin U-15 Askot PSSI Medan 2023: Disporasu Kontra Patriot

Karena itu, Beckenbauer masuk buku rekor Piala Dunia sebagai salah satu dari tiga sosok yang sukses juara Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Dua tokoh lainnya adalah Mario Zagallo (Brazil) dan Didier Deschamps (Prancis).

Di level klub, Beckenbauer tampil dominan bersama Bayern Munich pada periode 1964-1977 dengan koleksi 14 trofi. Sang legenda mempersembahkan empat gelar Bundesliga dan tiga gelar juara Piala Champions (1973-1976).

Beckenbauer turut menyabet Ballon d’Or pada 1972 dan 1976 serta dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik Jerman pada 1966, 1968, 1974, dan 1976. (wol/aa/twt/d1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Baca Juga :
Ronny Tanuwijaya Beberkan Faktor yang Buat Persebaya Terpuruk di Klasemen