Bupati Samosir dan Wabup Serahkan Hadiah Juara Aquabike World Championship 2023


WartaBerita.co.id – Samosir |
Event Aquabike World Championship 2023 “Samosir Cup” berakhir setelah para pembalap menyelesaikan 2 tahap race di Waterfront City Pangururan-Desa Pardomuan I, Jumat (24/11/2023).

“Samosir Cup” dengan kategori Endurance Race diikuti 22 pembalap dari berbagai Negara termasuk Indonesia. Para Pembalap melakukan uji ketahanan dengan waktu 35 menit mengelilingi lintasan. Dalam rangkaian acara, juga diadakan lomba Dragon Boat yang diikuti 8 tim dari kawasan Danau Toba. Dragon Boat Kabupaten Samosir berhasil meraih juara I.

Berikut Daftar pemenang Aquabike World Championship “Samosir Cup” ; Juara I, Kasza Gyorgy dari Negara Hungaria dengan Cup points 50, juara II Radetyc Anthony dari Amerika Serikat dengan Cup points 38 dan Juara III Altayer Rashed dari Uni Emirat Arab dengan Cup points 38. Hadiah diserahkan Staf Khusus III BUMN, Arya Sinulingga bersama Bupati Samosir dan Wakil Bupati Samosir.

Untuk Dragon Boat Juara I Kabupaten Samosir, Juara II Kabupaten Tapanuli Utara dan Juara III Kabupaten Toba. Pengalungan medali dan pemberian hadiah dilakukan Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom dan Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang. Dalam kesempatan ini, Piala Bergilir diserahkan kepada Kontingen Dragon Boat Samosir.

Staf Khusus III Kementerian BUMN, Arya Mahendra Siunulingga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Samosir dan masyarkat atas kesuksesan rangkaianAquabike Internasional di Danau Toba.

Baca Juga :
Kualifikasi Euro 2024: Cristiano Ronaldo Full Senyum Pimpin Portugal

“Kegiatan bertaraf internasional ini merupakan komitmen membangun Danau Toba. Pariwisata tanpa event akan sulit, ini sebagai langkah kedepan dan akan terus diadakan, mudah-mudahan tahun depan semakin ramai. Terima kasih pak Bupati, ini menjadi pesta rakyatnya Danau Toba, kita harapkan kegiatan ini meningkatkan pariwisata,” kata Arya seusai penyerahan hadiah.

Bupati Samosir mengaku bangga dan senang, dengan peran seluruh stakeholder dan masyarakat, Kabupaten Samosir dapat menyukseskan kegiatan bertaraf Internasional. Dituturkan, untuk menyukseskan acara ini, sejak awal sudah dilakukan pembinaan terhadap UMKM.

“Atas nama Pemkab Samosir, kami sangat berbangga dengan segala keterbatasan, hari ini nampak animo masyarakat sangat luar biasa, sehingga event dapat berjalan sukses dan lancar,” Ungkap Vandiko.

Lebih lanjut disampaikan, Pemerintah Kabupaten Samosir sangat mendukung Event Aquabike 2023 karena selain menunjukkan kemajuan teknologi juga memadukan kearifan lokal yang diyakini akan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. “Masyarakat Samosir ramah, jangan ragu berwisata di Danau Toba Samosir titik awal peradaban suku Batak,” kata Vandiko.

Sementara itu Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang menyampaikan bahwa masyarakat sangat terhibur atas pelaksanaan Aquabike. “Kami mensupport semua kegiatan Aquabike dan kami berharap olahraga internasional 2024, dapat kembali diselenggarakan di Kabupaten Samosir,” kata Martua.

Baca Juga :
Final Piala Dunia U-17, Ronny Tanuwijaya: Kesiapan Mental Jadi Kunci Kemenangan

Dalam kesempatan ini, Bupati Samosir bersama Wabup juga menyerahkan medali pemenang Dragon Boat. Untuk Piala bergilir diserahkan kepada Kontingen Kabupaten Samosir yang berhasil sebagai juara I.

Sebagai lokasi penutup Aquabike World Championship 2023 kategori endurance race, pelaksanaan balap di Samosir berlangsung sangat meriah, ditambah dengan kompetisi Dragon Boat dari Kabupaten kawasan Danau Toba, diperkirakan ribuan bahkan lebih penonton memadati Waterfront City Pangururan.(Victor/Ril)