Disdik Sidrap Tingkatkan Kapasitas Sumber Daya Tata Kelola Satuan Pendidikan

siaranrakyat, Sidrap- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Kabupaten Sidrap bekerjasama dengan Ganggawa Institute gelar Penguatan Kapasitas Sumber Daya Tata Kelola Satuan Pendidikan yang berlangsung di Hotel Grand Asia Makassar, Sabtu (2/12/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah penerima Bantuan Operasional Satuan (BOS) Kinerja Kemajuan Terbaik ditujukan kepada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang dinilai berkinerja baik.

Harmoko Mustafa selaku Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Disdik Sidrap yang ditemui di lokasi kegiatan mengatakan bahwa sesuai Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022 khususnya Pasal 9 disebutkan bahwa penerima Dana BOS Kinerja terdiri atas sekolah yang melaksanakan program sekolah penggerak, sekolah yang memiliki prestasi, dan sekolah yang memiliki kemajuan terbaik.

Sekolah yang memiliki kemajuan terbaik harus memenuhi persyaratan termasuk 15% Satuan Pendidikan yang memiliki kinerja terbaik dari Satuan Pendidikan yang melaksanakan asesmen nasional di wilayah pemerintah daerah sesuai kewenangan, ujarnya.

Baca Juga :
Unibos Teken MoU Dengan Unhas, Dirangkaikan Kuliah Umum

Lebih jauh lagi, Harmoko menjelaskan bahwa ada 42 sekolah yang terpilih di Sidrap diantaranya 34 SD dan 8 SMP.
dan dihadiri oleh pemateri terbaik di bidangnya yakni BPPMPV KPTK Gowa, BBGP Sulsel, Kejaksaan Negeri Sidrap dan Dinas Pendidikan Sidrap yang berlangsung selama 3 hari dimulai 30 November sampai 2 Desember 2023.

“Kami berharap melalui kegiatan ini pengelola satuan pendidikan khususnya penerima BOS kinerja kemajuan terbaik ini bisa terorganisir dalam pelaksanaan dan manajemen disatuan pendidikan masing-masing”, pungkasnya.

Ditempat yang sama Direktur Ganggawa Institute, Mansur Marsuki sebagai pihak lembaga yang bekerjasama dengan dinas pendidikan Kabupaten Sidrap mengharapkan pelatihan ini bisa bermanfaat bagi peserta dan ilmu yang didapat bisa diemplementasikan disatuan pendidikannya masing-masing, harapnya.

Baca Juga :
Coach Anwar Bekali Calon Guru Dengan Teknik hHypnoteaching

(Rafi)