Ditjen Migas Bersama Pertamina Sulawesi, Monev Langsung ke Pangkalan LPG 3 Kg di Kota Makassar

siaranrakyat, MAKASSAR – Pembelian LPG 3 kg menggunakan KTP, mulai diberlakukan di pangkalan-pangkalan LPG 3kg sejak Mei 2023.

Hal tersebut merupakan program yang saat ini sedang dijalankan oleh Pertamina, berdasarkan Kepmen dan Kepdirjen yang dikeluarkan oleh Ditjen Migas KESDM, dimana Pertamina harus melakukan pendataan konsumen pengguna dan pencatatan transaksi LPG 3 Kg.

Dalam pelaksanaan pendataan konsumen LPG 3 Kg ini, Ditjen Migas selaku pemberi mandat ke Pertamina, mengumpulkan beberapa pangkalan yang berada disekitar kota makassar di kantor unit Pertamina Makassar, pada Senin (28/8/2023) untuk dilakukan evaluasi, terkait pendataan subsidi tepat LPG 3 Kg.

Koordinator Subsidi Bahan Bakar Migas, Christina M. Sinaga, dalam agenda tersebut, menanyakan kepada para pemilik pangkalan, terkait kendala yang dihadapi selama proses registrasi atau transaksi LPG 3 Kg.

?Bapak Ibu pemilik pangkalan sekalian, diharapkan agar segera mendaftarkan pangkalannya ke website subsidi tepat LPG 3 Kg. Jika menemui kendala, segera menghubungi Sales Branch Manager (SBM) Pertamina, sesuai dengan lokasi pangkalan bapak ibu berada,” ujarnya.

Beberapa SBM mengaku, kendala yang sering ditemui adalah masalah jaringan, khususnya yang berada diwilayah kepulauan.

Baca Juga :
Kementerian BUMN dan PLN Tinjau Lokasi Listrik Desa

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir pula VP Retail LPG Sales Pertamina Patra Niaga, Putut Andriatno, memberikan penjelasan mengenai isu yang beredar di masyarakat, terkait pembatasan pembelian gas LPG 3 Kg.

?Pada kesempatan ini saya sampaikan ke bapak ibu sekalian, bahwa bukan pembatasan namun hanya pendataan atau registrasi para konsumen LPG 3 Kg,” ujar Putut.

Selain agenda pembahasan dan diskusi di ruang rapat, Pertamina Sulawesi bersama Ditjen Migas, juga turun langsung ke pangkalan-pangkalan, untuk melakukan monitoring dan evaluasi. Terdapat 4 lokasi pangkalan yang dikunjungi hari itu. Yakni di sudiang, sekitar Bandara &asanuddin, Monginsidi dan Cendrawasih.

Mereka mengecek proses transaksi pembelian gas LPG 3 Kg, menggunakan Merchant Apps MyPertamina. Setiap konsumen yang akan membeli tabung, akan dilakukan pengecekan data terlebih dahulu.

Jika sudah teregistrasi maka dapat melanjutkan pembelian. Namun jika belum, akan diarahkan untuk mendaftar terlebih dahulu, dengan menyiapkan KTP dan NIK.

Pertamina Patra Niaga Sulawesi, sudah melakukan pendataan dan pencocokan data sejak Mei 2023. Diketahui, data hingga 28 Agustus kemarin sudah tercatat 97 persen, atau sebanyak 28.486 pangkalan yang berada di wilayah Sulawesi, sudah melakukan registrasi pendaftaran subsidi tepat LPG 3 kg, dan pangkalan yang sudah melakukan transaksi pembelian menggunakan Merchant Apps MyPertamina ada sebanyak 22.676 pangkalan, atau sudah mencapai 77 persen.

Baca Juga :
Makassar X Beauty 2023, Surganya Para Pecinta Make Up dan Skin Care

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan, program ini bisa melindungi masyarakat, yang seharusnya berhak menggunakan gas LPG 3 Kg.

?Pertamina mendukung penuh penugasan yang diberikan pemerintah, untuk menyalurkan LPG subsidi tepat sasaran,” tutup Fahrougi.