Diusung Jadi Cawapres, Gibran: Doakan yang Terbaik untuk Kontestasi 2024

JAKARTA, siaranrakyat – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menemui Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Sabtu (21/10/2023) sore. Gibran, sosok yang sudah diusung menjadi cawapres pendamping Prabowo oleh sejumlah partai politik itu, meminta agar didoakan dalam menjalani kontestasi Pilpres 2024.

“Terima kasih sekali sudah diterima di kediamannya Pak Ketum PBB dan keluarga. Doakan yang terbaik untuk kontestasi di 2024,” kata Gibran di kediaman Yusril, kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, sebagaimana tampak dalam video yang dikirim Sekjen PBB, Sabtu malam.

Sementara itu, Yusril menyebut partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah memilih Gibran menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto. “Kami ucapkan selamat kepada beliau (Gibran) yang telah dipilih oleh, akan disahkan oleh Koalisi Indonesia Maju, serta sebentar lagi akan dideklarasikan,” kata Yusril ketika dihubungi wartawan.

Yusril menyebut, PBB menyetujui Gibran menjadi cawapres karena sedari awal sudah berkomitmen mendukung siapa pun sosok yang dipilih oleh Prabowo. Lantaran Prabowo sudah memilih Gibran, PBB pun sepakat mendukung putra sulung Presiden Jokowi itu.

“Pak Gibran yang disepakati, yang dipilih oleh Pak Prabowo, ya kami pun sepakat untuk mendukung beliau,” kata pakar hukum tata negara itu.

Baca Juga :
Aliansi Pemuda Mahasiswa Masyarakat Sulsel Bersatu, Dukung Sidang Sengketa Pilpres di MK, Ajak Jaga Kondusifitas

Yusril menambahkan, acara deklarasi Prabowo-Gibran sebagai pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 hanya tinggal menunggu waktu. Kendati begitu, Yusril menyebut tidak mungkin acara deklarasi digelar saat peringatan Hari Santri di Surabaya, besok. Prabowo diketahui bertolak ke Surabaya malam ini.

Selain dari PBB, Gibran juga sudah mendapatkan dukungan dari dua partai politik lain yang tergabung dalam KIM. Dukungan dari PAN didapatkan setelah pria berusia 36 tahun itu menyambangi kediaman Ketum PAN Zulkifli Hasan pada Sabtu pagi.

Zulhas mengunggah foto pertemuannya bersama Gibran itu melalui akun Instagram pribadinnya @zul.hasan. “Agar Indonesia maju terus, silaturahmi tidak boleh terputus. Bismillah mas Wali,” ujar Zulhas dalam keterangan unggahan tersebut.

Partai Golkar juga telah mendukung Gibran. Dalam Rapimnas Partai Golkar pada Sabtu pagi, para pimpinan Golkar sepakat mengusung Gibran sebagai cawapres pendamping Prabowo.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto langsung menyerahkan surat rekomendasi pengusungan kepada Gibran pada Sabtu siang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Partai Golkar, saya sangat mengapresiasi hasil rapimnas ini,” kata Gibran di acara Rapimnas Golkar di markas partai berlogo pohon beringin itu.

Baca Juga :
Antusiasnya Warga Bone Ikuti Lomba Layang-Layang yang Diselenggarakan Gerakan Passeddingeng Ganjar

Sementara itu, Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus capres KIM Prabowo mengapresiasi kebesaran hati Airlangga dan Waketum Golkar Ridwan Kamil merelakan posisi cawapres kepada Gibran, meski dua tokoh itu potensial menjadi capres ataupun cawapres. Prabowo mengaku menerima usulan agar Gibran menjadi cawapres dan akan membawa usulan tersebut ke dalam rapat ketua umum KIM.(wol/republika/eko/d1)