Ekonom Tantang Para Cawapres Sampaikan Rencana Stabilkan Harga Beras

siaranrakyat – Ekonom Senior Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Bustanul Arifin mencatat kenaikan harga beras di Indonesia dalam setahun terakhir. Menurutnya, hal ini perlu menjadi perhatian pada pelaksanaan Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) mendatang.

Bustanul mengatakan, harga beras di dalam negeri tidak terkendali. Ada kenaikan di hampir semua aspek. Seperti harga Gabah Kering Panen (GKP) yang naik 24 persen, Gabah Kering Giling (GKG) yang naik 31 persen, dan beras yang naik 11,8 persen.

“Dan menurut saya itu yang tidak efektif. Saya tuliskan ada Perbadan Pangan 6/2023 mengenai HPP itu adalah harga pembelian pemerintah lalu perbadan 7 nya HET beras, dan tidak efektif, harga tetap liar,” ujarnya.

Baca Juga :
Pertamina Patra Niaga Sulawesi Cepat Tanggap Salurkan Bantuan Banjir di Luwu

Rencana Konkret

Dia berharap, pada momen Debat Cawapres 2024 pada Minggu, 21 Januari 2024 besok bisa diulik lebih dalam mengenai rencana konkret para pasangan calon (paslon) guna membenahi masalah tersebut.

“Saya berharap teman-teman cawapres nanti itu ada reform tentang ini, gak sekadar normatif dong, normatif stabilisasi harga dan sebagainya. Bagaimana caranya? Itu yang kita tunggu,” imbuh Bustanul. (liputan6/d1)

Baca Juga :
Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Selasa (12/9)