FKep Unhas Hadirkan Pusat Pelatihan Caregiver Kerja Sama Dengan Jepang

siaranrakyat, MAKASSAR – Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin bersama Kaikoukai Health Care Group, Nagoya Jepang akan membangun pusat pelatihan untuk caregiver. Hal ini sesuai dengan pertemuan dan diskusi yang dilakukan bersama delegasi Unhas yang dipimpin langsung oleh Dekan FKep (Prof. Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si) dengan delegasi Kaikoukai. Kegiatan berlangsung pada Rabu (22/11) di Nagoya Jepang.

Hadir mendampingi Dekan FKep yakni Kepala Kantor Urusan Internasional Unhas (Andi. Masyitha Irwan, S.Kep., Ns., MN.) dan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan F.Kep (Syahrul Said, S.Kep., Ns., Ph.D.). Adapun delegasi Kaikoukai Health Care Group yakni Mr. Abe Kazuya (Division Manager of International Medical Division Kaikoukai Healthcare Group) dan Moriyama Yoshifumi (General Manager Exercise Therapy for Dialysis Patients Management).

Prof Arianti menjelaskan tujuan pertemuan tersebut dalam rangka menindaklanjuti diskusi kunjungan Tim Kaikoukai Health Care Group ke Fakultas Keperawatan, dimana pendirian pusat pelatihan untuk caregiver menjadi fokus utama. Pusat pelatihan ini nantinya diharapkan dapat berdiri pada tahun 2024, sebagai pelatihan persiapan bagi peserta yang akan diuji menjadi Caregiver di Jepang.

Baca Juga :
Unhas Gandeng 28 Perusahaan Mitra Potensial Program Dana Padanan Kedaireka 2024

?Fakultas Keperawatan Unhas dan Kaikoukai Health Care Group akan berkolaborasi dalam penyusunan kurikulum dan persiapan lainnya dalam waktu enam bulan. Diharapkan dengan adanya pusat pelatihan ini dapat mempersiapkan diri dari segi bahasa dan keterampilan, baik alumni keperawatan Unhas maupun alumni keperawatan dari institusi lain untuk dapat bekerja sebagai caregiver di Jepang,? jelas Prof Arianti.

Kolaborasi tambahan juga dibahas dalam pertemuan tersebut. Dalam hitungan setiap semester, Moriyama Yoshifumi yang merupakan Adjunct Professor dari Kaikoukai Health Care Group akan memberikan Kuliah di Fakultas Keperawatan Unhas. Selain itu, anggota ahli Kaikoukai Health Care Group yang juga merupakan Kepala Departemen Keperawatan akan memberi kuliah di Bidang Keperawatan pada awal Februari 2024 mendatang.

Baca Juga :
Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Dibuka, Ini Jalurnya