Harga Jagung Impor di Sumut Capai Rp5000 Per Kg

MEDAN, siaranrakyat – Sesuai dengan arahan pemerintah, Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara memastikan bahwa harga jagung pakan impor di Sumut capai Rp5.000 per Kg.

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara, Arif Mandu, menuturkan itu harga untuk para peternak yang membeli jagung pakan dari Bulog.

?Kita mendapatkan alokasi 8.220 ton jagung pakan impor dari Badan Pangan Nasional (Bapanas), jagung itu kemungkinan tiba pada Januari 2024. Saat ini jagung tersebut masih dalam proses pembongkaran di Surabaya,? tuturnya, Jumat (12/1).

Begitu selesai di Kota Surabaya, akan diarahkan ke Lampung baru ke Sumatera Utara. Bulog berharap prosesnya cepat sehingga dapat tiba bulan ini,” kata Arif.

Baca Juga :
Harga Kripto 30 Agustus 2023: Binance Coin Pimpin Penguatan, BTC Naik Tipis

?Nantinya, peternak yang dapat membeli jagung pakan dari Bulog adalah mereka yang sudah terdaftar di Bapanas, sesuai rekomendasi dari asosiasi dan dinas peternakan setempat,? ungkapnya.

Di Sumut, berdasarkan panel harga Bapanas, harga rata-rata jagung di tingkat peternak mencapai Rp6.390-Rp6.630 per kilogram dalam satu pekan terakhir 3-10 Januari 2024.

?Nilai itu lebih tinggi dibandingkan harga acuan penjualan jagung di konsumen yang diatur pemerintah dalam Peraturan Bapanas Nomor 5 Tahun 2022 yakni Rp5.000 per kilogram,? jelasnya.

?Dan pemerintah melalui Bapanas menugaskan Bulog untuk mengimpor 500 ribu ton jagung pakan untuk mengatasi kenaikan harga jagung pakan di tingkat petani,? tandasnya. (wol/eko/d1)

Editor: Ari Tanjung

Baca Juga :
KPPU Gelar Sidang Perdana Keterlambatan Notifikasi Akuisisi Dorel Finance US, INC. OLEH PON Holdings B.V.