Ingat, Penderita Diabetes Dilarang Makan 4 Jenis Ikan Ini

siaranrakyat – Mungkin masih banyak yang belum paham ternyata daftar 4 ikan ini tak boleh dimakan oleh penderita diabetes demi menghindari hal yang tidak diinginkan.

Meskipun ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin D dan Omega 3, namun ternyata ada beberapa ikan yang tidak boleh dimakan khususnya bagi penderita diabetes.

Bagi Anda yang menderita diabetes, sebaiknya menghindari beberapa olahan ikan tertentu, demi menjaga gula darah tetap terkendali. Ikan yang harus dihindari adalah yang mengandung banyak merkuri karena memakan ikan-ikan kecil lainnya.

Berikut daftar 4 ikan yang tak boleh dimakan oleh penderita diabetes.

1. Ikan pindang

Olahan ikan pindang juga sebaiknya tidak dikonsumsi penderita diabetes. Sebab, ikan pindang umumnya digarami dan dibumbui kemudian diasapi atau direbus sampai kering agar dapat bertahan lama.

Ikan pindang biasa menggunakan bahan ikan tongkol, patin, gabus, dan lainnya. Ikan pindang memiliki bahaya karena pengolahannya yang melibatkan kandungan garam tinggi.

Kandungan garam tinggi pada ikan pindang dikhawatirkan akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Selain itu natrium pada garam juga dapat meningkatkan resistensi insulin pada penderita diabetes.

Baca Juga :
Sederet Tips Tidur Berkualitas untuk Mendapatkan Segudang Manfaat

2. Ikan Goreng

Penderita diabetes juga harus menghindari hidangan ikan goreng. Sebab, makanan yang digoreng pada umumnya mengandung minyak trans atau mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan.

Minyak goreng yang digunakan dalam proses pengolahan ikan ini memiliki risiko yang besar dalam meningkatkan kadar gula darah.

3. Ikan Tuna

Tidak jauh berbeda dengan ikan tongkol, ikan tuna juga memiliki kadar merkuri tinggi, sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ikan tuna memiliki kebiasaan memakan ikan-ikan kecil yang sudah terkontaminasi dengan merkuri.

Selain itu, kandungan merkuri pada tuna juga biasanya lebih tinggi dari kerang, lobster dan salmon. Karena merkuri tidak mudah dikeluarkan, sehingga merkuri menumpuk di jaringan tuna dari waktu ke waktu.

4. Ikan Tongkol

Pada urutan pertama, ada ikan tongkol yang merupakan ikan tuna jenis kecil. Ikan ini harus dihindari penderita diabete karena memiliki kadar merkuri yang tinggi. Apalagi, jika Anda mengonsumsi ikan tongkol yang kondisinya sudah tidak segar lagi.

Disarankan agar penderita diabetes tidak terlalu sering makan ikan ini atau maksimal 2 kali dalam 1 bulan. Tujuannya untuk mencegah meningkatnya asupan garam yang menyebabkan resistensi insulin dan juga mencegah menumpuknya merkuri dalam tubuh. (wol/okezone/ryan/d1)

Baca Juga :
Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Biji Alpukat