Ini 5 Efek Samping Terlalu Sering Minum Es Teh Manis Bagi Kesehatan

siaranrakyat ? Es teh manis menjadi salah satu pilihan minuman untuk memuaskan dahaga di suasana yang panas. Namun mengkonsumsi es teh manis secara berlebihan dapat memicu masalah bagi kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja berbagai efek samping akibat terlalu sering minum es teh manis bagi kesehatan tubuh? Simak ulasan lengkapnya yang sudah Waspada Online rangkum dari berbagai sumber.

1. Gagal Ginjal
Es teh manis mengandung asam oksalat yang tinggi. Kandungan asam oksalat jika dikonsumsi secara berlebihan akan menumpuk di ginjal. Hal ini mengganggu fungsi ginjal untuk mengeluarkan kotoran dari darah.

2. Memicu Resiko Diabetes
Beberapa orang senang sekali menambahkan gula dalam jumlah yang banyak ke dalam es teh.Padahal, satu gelas es teh manis normal saja bisa mengandung sekitar 33 gram gula.
Konsumsi gula yang berlebihan juga bisa memicu risiko diabetes. Namun, kita bisa mengatasinya dengan mengganti gula pada pemanis alami, seperti madu atau stevia.

Baca Juga :
Penjelasan Pakar Mengapa Kebiasaan Begadang Bisa Merusak Jam Tubuh

3. Asam Lambung Naik
Bahaya minum teh manis berlebihan menyebabkan sensasi terbakar pada perut hingga kerongkongan. Sebab, asam lambung naik. Penyebabnya, kafein dalam teh membuat asam lambung bergerak ke arah kerongkongan. Jumlah asam lambung pun meningkat setelah mengkonsumsi teh manis berlebihan

4. Resiko Terkena Stroke
Risiko terkena stroke juga bisa meningkat jika kita mengkonsumsi es teh manis secara berlebihan.
Kandungan gula bisa menyebabkan kadar trigliserida menjadi lebih tinggi sehingga berpotensi menyebabkan stroke. Trigliserida sendiri adalah jenis lemak yang bisa kita temukan di dalam darah.

5. Mengganggu Asupan Zat Besi
Bahaya minum teh manis terlalu banyak ternyata mengganggu penyerapan zat besi. Dalang di balik bahaya ini adalah kafein.

Bahkan, riset terbitan The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi teh menyebabkan penyerapan zat besi turun drastis hingga 64% saat bersamaan dengan makan daging hamburger. (wol/berbagaisumber/syf/d2)

Baca Juga :
Cek Kesehatan Gratis di Bara Baraya Utara, Ini yang Disampaikan dr Fahrizal Arrahman Husain