Jenderal Dudung Disebut-sebut Bakal Masuk Kabinet Jokowi

JAKARTA, siaranrakyat – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman buka suara terkait rumor yang menyebutnya bakal diangkat menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dudung mengatakan dirinya hingga saat ini belum mendengar soal kabar tersebut. Ia memastikan belum ada pembicaraan mengenai pergantian kepala BIN dengan Presiden Jokowi.

“Belum tahu saya juga, belum, belum,” kata kata Dudung saat tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (25/10).

Dia juga belum punya rencana setelah pensiun dari TNI Angkatan Darat. Dudung mengaku belum ada rencana terjun ke politik. Meski demikian, dia tidak menutup diri bila ada peluang mengisi jabatan publik lagi. Dudung menyatakan siap bila mendapat tugas baru dari Jokowi. “Saya tegak lurus kepada Bapak Presiden,” ujarnya.

Sekadar informasi kabatan Kepala BIN saat ini diduduki Jenderal (purn.) Budi Gunawan. Pria yang akrab disapa BG itu telah menjadi kepala BIN sejak September 2016.

Baca Juga :
Wujudkan Indonesia Sehat, Panrannuangku Ganjar Ajak Perempuan Ikuti Lomba Senam di Takalar

Belakangan santer terdengar kabar Dudung menjadi kepala BIN. Kabar itu berembus bersamaan dengan isu penunjukan Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto sebagai KSAD baru.

Selain itu dikabarkan pula bahwa Jokowi akan bersih-bersih kabinet dari menteri-menteri asal PDIP dan kubu pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Saat ini, tercatat ada tujuh menteri asal PDIP di Kabinet Indonesia Maju (KIM) Presiden Jokowi.

Ketujuh menteri tersebut adalah Menkumham Yasonna Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Sekretaris Kabinet Pramono Anung,

Berdasarkan informasi yang dihimpun Inilah.com, sejumlah tokoh dikabarkan akan masuk ke Kabinet Indonesia Maju. Seperti Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah.

Baca Juga :
Warga Gowa Optimistis Penegakan Hukum di Indonesia Adil dan Merata di Tangan Ganjar-Mahfud

Selanjutnya ada Wakil Ketua Umum Golkar Bidang Penggalangan Pemilih dan Co-Chair Badan Pemenangan Pemilu Golkar, Ridwan Kamil, Ketua Bidang perempuan DPP Partai Golkar Airin Rachmi Diany dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman. (inilah/wol/pel/d2)