Kemenkes Imbau Masyarakat Kembali Pakai Masker Untuk Antisipasi Peningkatan Covid-19

JAKARTA, siaranrakyat – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan dalam kurun beberapa pekan terakhir situasi Covid-19 di Indonesia mengalami tren peningkatan. Direktur Surveilans Kekarantinaan Kesehatan Kemenkes Ahmad Farchanny mengimbau masyarakat untuk kembali memakai masker.

Terutama menggunakan masker ketika berada di kendaraan umum dan saat berada di keramaian. Imbauan tersebut disampaikan oleh Ahmad Farchanny dalam konferensi pers virtual pada Jumat (15/12).

?Protokol kesehatan ini juga kita sampaikan kepada masyarakat untuk kembali masyarakat dengan kesadarannya mulai kembali pakai masker khususnya di alat angkutan, ketika sudah berada di alat angkut,? kata Ahmad.

Selain masker, Ahmad juga mengimbau masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Serta mengingatkan masyarakat untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan jika mengalami gejala seperti batuk, pilek, demam, dan gejala lainnya.

?Ketika melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan itu juga jangan ragu-ragu dan mengikuti petunjuk dan saran dari dokter untuk diperiksa spesimennya, untuk diambil swab-nya baik itu melalui antigen maupun dengan pemeriksaan PCR,? ucapnya.

Baca Juga :
Tak Hanya Manis, Ini Sejumlah Khasiat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Seperti diketahui, Kemenkes RI melaporkan dalam beberapa pekan terakhir Covid-19 mengalami tren peningkatan. Sehingga dalam menindak hal tersebut pihak Kemenkes mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait hal tersebut.

?Kemenkes telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Lonjakan kasus Covid-19,? kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi pada Kamis (14/12).

Melansir dari situs Infeksi Emerging Kemenkes RI, provinsi yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 di antaranya Banten, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Kemudian di Kepulauan Riau, Lampung, NTT, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Diketahui tren kenaikan kasus mingguan Covid-19 nasional per 9 Desember 2023 dilaporkan menyentuh angka 544 kasus positif. (wol/lptn6/ari/d1)

Baca Juga :
Waspada, Ini 7 Tanda Kanker Yang Harus Diperhatikan