Kerjasama Indosat, BPPTIK Kominfo, dan Cisco Gelar Pelatihan Digital GenSi untuk Masyarakat Terluar

siaranrakyat, MINAHASA UTARA – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), BPPTIK Kominfo (Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia), serta Cisco, perusahaan teknologi terkemuka dunia, berkolaborasi untuk menyelenggarakan program pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kerangka Digital Transformation Centers (DTC) Initiatives Framework, bersama program Generasi Terkoneksi (GenSi), Senin (25/3/2024).

GenSi merupakan program pelatihan keterampilan digital untuk masyarakat di daerah terluar Indonesia. Program ini, yang pertama kali diluncurkan di Minahasa Utara selama tiga hari dari 19 hingga 21 Maret 2024, berhasil menarik partisipasi 550 peserta langsung.

Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, menjelaskan, GenSi adalah komitmen kami untuk memberdayakan masyarakat Indonesia melalui teknologi.

“Kami percaya bahwa sumber daya manusia yang terampil adalah kunci utama kesuksesan transformasi digital. Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat membuka peluang baru dan meningkatkan kontribusi masyarakat terhadap pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Baca Juga :
Melalui Employee Volunteering, BPJS Dukung Penghijauan Lingkungan

Hary Budiarto, Kepala BPSDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, menyatakan, Kolaborasi ini membuka akses bagi talenta muda, perempuan, dan UMKM di wilayah terluar untuk meningkatkan ekonomi digital.

“Harapan kami, program ini akan membantu memperkuat komunitas lokal dalam berpartisipasi dalam era digital,? jelasnya.

Marina Kacaribu, Managing Director Cisco Indonesia, menambahkan, Kami berupaya meningkatkan keterampilan masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam ekonomi digital.

“Kolaborasi dengan Indosat dan BPPTIK Kominfo memperluas jangkauan Cisco Networking Academy, yang menyediakan program pelatihan keterampilan pekerjaan terkemuka dunia, hingga ke wilayah timur Indonesia,” bebernya.

Dalam kolaborasi ini, BPPTIK Kominfo bertindak sebagai sponsor bagi Pemerintah setempat dan menyediakan fasilitator untuk pelatihan.

Indosat memberikan akses internet gratis melalui kartu perdana baru, sementara Cisco menyediakan kurikulum melalui Cisco Networking Academy, dengan modul pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan program GenSi. Melalui sinergi ini, diharapkan program GenSi dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat terluar Indonesia dalam menghadapi era digital yang semakin kompleks.

Baca Juga :
JELANG MUSIM TANAM, PUPUK INDONESIA SIAPKAN STOK 188 RIBU TON PUPUK BERSUBSIDI UNTUK SULAWESI SELATAN