Kerjasama Poltekpar Makassar dan JICA

siaranrakyat, MAKASSAR – Direktur Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, Dr. Herry Rachmat Widjaja, M.M.Par., CHE, menyambut kedatangan Isamu Maruyama, seorang tenaga volunteer dari Japan International Cooperation Agency (JICA), pada Jumat, (17/5/2024), di Gedung Rektorat Kampus Poltekpar Makassar.

Maruyama didampingi oleh Ibu Kashiwagi Ai, Project Formulation Adviser Indonesia Office, dan Bapak Romi Djamaris, Senior Program Officer JICA Indonesia Office.

Turut hadir mendampingi Direktur, Kepala Bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Umum, Muhammad Arfin Muhammad Salim, M.Pd., Ph.D., CHE, serta Dosen Bahasa Jepang, Renold, S.Pd., M.Pd., dan Dra. Anda Prasetyo Ery., M.Pd., serta Ketua Senat Akademik Poltekpar Makassar, Dr. Hj. Ratna, M.Pd., CHE.

Maruyama, Junior/Silver Expert dari Silver Volunteers’ Program JICA, memiliki keahlian dalam Pengajaran Bahasa Jepang dan akan bergabung dengan Poltekpar Makassar selama dua tahun ke depan.

Tugasnya adalah mendampingi dan mengarahkan para Dosen dalam pengajaran Bahasa Jepang serta memperkenalkan Budaya Jepang kepada mahasiswa.

Kehadiran Maruyama adalah hasil kerjasama yang telah lama terjalin antara Poltekpar Makassar dengan JICA. Sebelumnya, JICA rutin mengirimkan volunteer dengan berbagai latar belakang bidang dan keahlian ke Poltekpar Makassar, namun terhenti karena adanya pandemi Covid-19.

Baca Juga :
Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Dibuka, Ini Jalurnya

Direktur Poltekpar Makassar menyatakan bahwa kedatangan Maruyama bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen dan kualitas pengajaran Bahasa Jepang di Poltekpar Makassar.

“Selain itu, beliau juga akan berinteraksi langsung dengan mahasiswa dalam proses praktik percakapan, sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman berkomunikasi langsung dengan penutur asli Bahasa Jepang. Kami juga akan membentuk Japanese Club agar beliau dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang Budaya Jepang kepada mahasiswa, sehingga mereka siap bekerja di Jepang setelah lulus,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Maruyama menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Direktur Poltekpar Makassar dan jajaran.

Dra. Anda Prasetyo Ery., M.Pd., salah seorang Dosen Bahasa Jepang di Poltekpar Makassar, mengungkapkan rasa syukurnya karena dapat kembali mendapatkan volunteer Bahasa Jepang dari JICA setelah lima tahun kekosongan.

“Bahasa Jepang memiliki dua variasi bahasa, yaitu Bahasa Informal dan Formal. Mahasiswa Poltekpar Makassar akan terjun ke industri pariwisata, sehingga mereka harus mampu membedakan penggunaan bahasa formal yang sesuai dengan situasi, seperti berbicara dengan orang yang lebih tua atau tamu. Kehadiran Maruyama sebagai expert Bahasa Jepang sangatlah berharga dalam proses pembelajaran,” jelasnya.

Baca Juga :
Unhas Siapkan Hotline dan Posko Khusus Layanan UKT Bagi Maba 2024

Anda juga menambahkan bahwa karakteristik wisatawan Jepang berbeda dengan wisatawan dari negara lain, sehingga informasi tentang budaya dan kehidupan masyarakat Jepang yang diberikan oleh Maruyama sangat penting bagi mahasiswa Poltekpar Makassar.