Poltekpar Makassar Cetak 410 Wisudawan Baru Siap Kerja

siaranrakyat, MAKASSAR – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar tahun ini berhasil mencetak 410 lulusan baru, pada wisuda diploma 3 dan diploma 4 tahun 2023.

Kegiatan ini berlangsung di Myko Hotel, Kota Makassar, Sabtu (16/9/2023).

Para lulusan tersebut berasal dari diploma 3 jurusan Manajemen Divisi Kamar 45 orang, Manajemen Tata Hidang 59 orang, Seni Kuliner 63 orang, Perjalanan Wisata 60 orang.

Sementara itu untuk program diploma 4 meliputi Usaha Perjalanan Wisata 95 orang, Konvensi dan Perhelatan Acara 88 orang.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Faisal mengatakan, wisuda ini merupakan bagian dari semangat Kemenparekraf dalam membangun SDM.

?Kami Kemenparekraf tentunya mendukung apa yang telah dilakukan Poltekpar Makassar, dalam rangka mencetak sumber daya manusia,? jelasnya.

Baca Juga :
Unibos Bersama IAI Nasional dan PTS di Sulawesi Selatan MoU untuk Pembukaan Program Pendidikan Profesi Arsitek

Faisal mengatakan, pihaknya senantiasa meningkatkan skilling, reskilling, dan upskilling mahasiswa. Sebutnya, setiap tahun hanya dengan masa tiga sampai 5 bulan masa tunggu, semua lulusan sudah terserap di dunia kerja.

Ia memaparkan, lulusan Poltekpar wajib mencapai 70 persen untuk bekerja dan 30 persen berwirausaha. ?Sisanya nanti mereka melanjutkan studi,? tuturnya.

Sementara itu, Direktur Poltekpar Makassar Herry Rachmat Widjaja menjelaskan, lulusan yang diwisuda hari ini sebagaian besar sudah bekerja.

?Sebagian besar sudah bekerja, itu akan bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing,? ujarnya.

Herry menuturkan, pihaknya memfasilurasi calon lulusan dan lulusan untuk mendapatkan pekerjaan.

Salah satu caranya dengan rutin menghadirkan kegiatan job fair. Menurutnya, job fair sangat membantu, karena menjadi jembatan mahasiswa dan alumni untuk bekerja.

?Alhamdulillah sudah mengikuti job fair dan kita menunggu hasilnya, apakah mereka diterima,? sebutnya.

Baca Juga :
Gelar Kuliah Umum, Kalla Institute Hadirkan Praktisi Retail Jadi Pembicara