Produk UMKM Samosir Masuk Ritel Nasional

PANGURURAN, siaranrakyat – Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Samosir semakin menggeliat, masuk dan dipasarkan dalam ritel modern (mini market nasional). Produk UMKM kini dapat diperoleh di Alfamidi di Kabupaten Samosir, Toba dan Simalungun.

Untuk pertama kalinya masuk dalam mini market skala nasional, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom secara resmi melaunching produk UMKM yang dijual di Alfamidi Pangururan, Sabtu (16/12).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Samosir, Immanuel Sitanggang kepada Waspada Online lewat siaran persnya, Senin (18/12).

Produk UMKM yang dipasarkan di Alfamidi diantaranya, BBS Bandrek, Kembang Loyang singkong, Sasagun Samosir Cookies, Kerupuk Samosir Kulit Ikan, Sijelok Samosir original, Sijelok Samosir Psg, Alusi Coffe, Kopi Samosir, Samandali Andaliman bubuk.

Bupati Samosir memastikan Produk UMKM yang dipasarkan melalui ritel modern tersebut ditempatkan di rak utama dan terdepan.

Vandiko menyampaikan, masuknya produk UMKM dalam mini market skala nasional (Alfamidi) merupakan komitmen dan tanggung jawab Pemerintah dalam membantu pemasaran, sehingga pelaku UMKM semakin bersemangat yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Tidak hanya itu, Vandiko menambahkan bahwa Pemkab Samosir juga berkewajiban mempromosikan produk UMKM, melakukan pendampingan, pelatihan baik dalam peningkatan kemampuan (skill) maupun packaging.

Baca Juga :
Silaturahmi dengan Seniman dan Budayawan, Wagub Sumut Harapkan Sumbangsih KSBN

Selain di gerai Alfamidi, lebih jauh lagi, produk UMKM bisa didapatkan melalui aplikasi E-Onan (dapat didownload di Palystore), sehingga dapat mengobati rasa rindu perantau dan wisatawan untuk mendapatkannya.

“Saya harapkan ini menjadi penyemangat UMKM yang lain untuk mau meningkatkan kreatifitas, jangan ragu dan bisa langsung menghubungi Nakerkoperindag. Jangan takut untuk mencoba dan kami siap mendampingi serta pemasarannya,” kata Vandiko

Bupati Samosir menyampaikan ucapan terima kasih kepada manajemen Alfamidi yang sudah mau bekerja sama dalam memasarkan produk UMKM Samosir.

Dengan dilaunchingnya produk UMKM di Alfamidi, Bupati Samosir mengajak pelaku UMKM untuk lebih bersemangat dan giat, berkreasi serta berlomba, sehingga akan lebih banyak lagi yang masuk dalam mini market skala nasional.

Produk UMKM Samosir Masuk Ritel Nasional
foto: HO/istimewa

“Kemasan sudah bagus, memiliki expired bisa dicoba dan dibeli. Kepada seluruh pelanggan Alfamidi, perantau dan wisatawan ayo mampir ke Alfimidi, coba dan rasakan UMKM Samosir, kami yakin UMKM Samosir tidak kalah dengan UMKM daerah lainnya,” ajaknya.

Pelaku UMKM dari Kecamatan Ronggur Nihuta , Lasria Sihotang mengaku bangga dengan perhatian Bupati Samosir yang telah memasarkan produk Bandrek buatanya pada skala nasional (Alfamidi)

“Kedepannya semoga kami semakin kreatif, semakin menasional, terima kasih Bupati Samosir yang telah mendukung kami. Untuk pelaku UMKM lainnya tetap semangat karena pemerintah saat ini hadir membantu,” ucap Lasria.

Baca Juga :
Tiga Bulan Mengaspal, United E-Motor Kalla Kars Catat 284 SPK

DPRD Kabupaten Samosir , Saurtua Silalahi yang ikut serta dalam launching, mengatakan sangat mendukung program tersebut, diharapkan kedepan semakin bertambah lagi produk yang bisa masuk ke mini market nasional.

Menurutnya, pemasaran ke mini market merupakan suatu bentuk keseriusan Pemkab mendukung program UMKM meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Hari Ini merupakan hari yang bersejarah bagi UMKM Samosir, hari ini sudah naik kelas masuk skala Nasional dan harus semakin meningkat lagi,” katanya. (wol/ward/d1)

Editor AGUS UTAMA