Simak, Ini Daftar Makanan Sehat Penurun Asam Lambung

siaranrakyat ? Asam lambung merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak ditemui pada masyarakat indonesia. Tak hanya pada orang dewasa hingga lansia, namun juga pada seseorang yang berusia remaja.

Untuk mencegah atau meringankan gejala asam lambung, para penderita penyakit ini harus menjaga pola makan yang sehat. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini Waspada Online rangkum daftar makanan penurun asam lambung yang baik dikonsumsi bagi penderita penyakit tersebut.

1. Putih telur
Putih telur adalah pilihan makanan yang bagus untuk penderita asam lambung. Di sisi lain, kuning telur tak dianjurkan untuk dimakan karena mengandung lemak cukup tinggi dan dapat memicu gejala refluks asam lambung. Untuk mengkonsumsi putih telur, penderita asam lambung akan lebih sehat jika memilih yang dimasak dengan cara direbus.

2. Pisang
Beberapa buah non-sitrus baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena bisa menjadi buah penurun asam lambung. Sebagai contoh, pisang. Salah satu serat larut yang terkandung di dalam pisang, yakni pektin dapat mendorong makanan melewati saluran pencernaan. Kondisi ini dapat mencegah kenaikan asam lambung mengingat menumpuknya makanan di usus bisa jadi menambah kadar asam lambung.

Baca Juga :
Ini Perbedaan Rokok Kretek dan Filter

3. Sayuran Hijau
Sayuran secara alami mengandung kadar gula dan lemak yang rendah, sehingga bisa membantu mengurangi asam lambung. Beberapa pilihan sayuran hijau yang baik dikonsumsi saat asam lambung naik, antara lain brokoli, asparagus, kacang hijau, kembang kol, bayam, kangkung, dan timun.

4. Oatmeal
Oatmeal juga merupakan sumber serat yang baik, sehingga sering kali dikaitkan dengan perannya untuk menurunkan asam lambung. Oleh karena itu, Anda dapat memasukkan oatmeal ke dalam menu makan sehari-hari, misalnya sebagai sarapan sehat.

5. Jahe
Salah satu manfaat jahe adalah mengurangi resiko terjadinya asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi peradangan. Anda dapat menikmati jahe dalam bentuk permen, air rebusan jahe, atau jahe bubuk yang diseduh dengan air hangat.

6. Melon
Melon juga termasuk buah yang bagus dikonsumsi oleh para penderita asam lambung. Pasalnya, melon termasuk makanan sumber magnesium, yakni mineral yang sering ditemukan di berbagai obat asam lambung.

Tak hanya itu, kandungan pH sekitar 6,1 (kadar asam rendah) di dalam buah melon dapat menjadikannya sebagai salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Selain pisang dan lemon, berbagai buah lain, seperti apel dan pir juga cocok dikonsumsi penderita asam lambung karena tidak memicu gejala refluks asam lambung seperti buah asam. Refluks asam lambung adalah kondisi yang terjadi ketika cairan asam di lambung bocor dan mengalir naik balik ke kerongkongan (esofagus). (wol/berbagaisumber/syf/d2)

Baca Juga :
5 Manfaat Konsumsi Kunyit bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Jadi Obat Alergi Lho!