Supaya Tampak Awet Muda, Ini Tips Menghilangkan Kerutan di Area Mata

JAKARTA, siaranrakyat – Semakin bertambahnya usia, kulit Anda kehilangan sebagian elastisitasnya. Faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari, serta genetika berperan dalam menentukan awal munculnya kerutan dan garis halus di wajah seseorang.

Kulit di sekitar mata Anda adalah area yang cenderung menunjukkan tanda-tanda penuaan dini, karena area di bawah bola mata Anda (cekungan periorbital) merupakan kulit tipis dan tempatnya pembuluh darah.

Berikut ini cara menghilangkan kerutan di area mata. Supaya Anda nampak awet muda, serta bebas penuaan.

1. Konsumsi Makanan Sehat

Vitamin C, vitamin A, dan vitamin E semuanya sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Oleh karenanya, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin tersebut, akan membantu kulit (dan bagian tubuh lainnya) membentuk sel-sel baru yang sehat.

Beberapa peneliti percaya, bahwa ada hubungan yang kuat antara pola makan yang sehat dan kulit kencang serta tampak lebih muda. Konsumsi buah jeruk, wortel, dan labu warna-warni untuk menambah jumlah vitamin ini dalam makanan Anda.

Baca Juga :
Berikut Pola Hidup Sehat Hingga Langkah Cara Melakukan dan Manfaatnya

2. Gunakan Tabir Surya (UV)

Kemudian Anda dapat membantu mencegah terbentuknya garis-garis halus dengan melindungi kulit dari sinar UV. Gunakanlah SPF minimal 30 menit saat Anda bertualang di luar, meskipun cuaca sedang tidak terlalu cerah.

Saat Anda akan berada di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Serta lindungi mata Anda dengan topi dan juga memakai kacamata hitam.

3. Senam Wajah

Latihan wajah terbukti secara efektif dapat mengencangkan kulit di bawah mata Anda. Salah satu penelutian mengungkapkan, bahwa yoga wajah bisa jadi alternatif supaya kulit wajah khususnya di area mata.

4. Eksfoliasi Perlahan

Anda dapat mengelupas kulit kering yang terbentuk di bawah mata dengan lembut, guna mendorong pertumbuhan sel baru.

Gunakan produk yang khusus, diperuntukkan untuk mengelupas dan memijat ke area di bawah mata Anda.

5. Hindari Alergi

Alergi sering kali menyebabkan peradangan di sekitar mata Anda. Hal ini juga bisa membuat mata jadi berair. Menggosok atau menggaruk mata karena gatal disebabkan alergi bisa menyebabkan mata merah dan membuat kulit terasa kering.

Baca Juga :
Tempe Masuk dalam Daftar Tumisan Terenak di Dunia Versi TasteAtlas, Ini 5 Manfaatnya!

Mengobati gejala alergi dapat membuat wajah Anda terlihat lebih rileks, dan juga dapat melindungi kulit di bawah mata Anda dalam jangka panjang. (wol/kompastv/ryan/d2)