Tak Hanya Manis, Ini Sejumlah Khasiat Buah Nanas Bagi Kesehatan

siaranrakyat ? Nanas atau Ananas comosus adalah buah yang tumbuh subur pada wilayah tropis, termasuk Indonesia. Buah dengan cita rasa manis cenderung asam ini memiliki kandungan tinggi serat dan kalori yang relatif rendah, sehingga sering dijadikan pilihan menu buah sehat untuk diet.

Selain itu, buah Nanas ternyata juga memiliki sederet khasiat untuk bagi kesehatan tubuh. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah khasiat mengkonsumsi nanas bagi kesehatan tubuh.

1. Baik untuk Pencernaan

Mengkonsumsi buah nanas baik untuk sistem pencernaan Anda. Sebab, nanas mengandung bromelain yang merupakan enzim proteolitik. Enzim ini berfungsi untuk melunakkan makanan dan memecah protein di lambung, sehingga membantu tubuh Anda dalam mencerna dan menyerap nutrisi pada makanan.

Karena itu, menyantap satu potong nanas setelah makan dapat membantu sistem pencernaan tubuh secara keseluruhan, seperti mengurangi produksi gas, mencegah kembung, mual, sembelit, dan masalah pada usus besar.

2. Membantu Menaikkan Sistem Imun

Nanas kaya akan antioksidan, yakni molekul yang dapat membantu tubuh mengatasi stres oksidatif sehingga mampu menaikkan sistem imun. Antioksidan yang terdapat dalam nanas berupa flavonoid dan fenolik.

Penelitian yang melibatkan dua tikus menemukan bahwa antioksidan yang terdapat di dalam nanas memiliki efek proteksi untuk penyakit jantung.

Baca Juga :
The Reiz Suites, ARTOTEL Curated – Medan Gandeng Komunitas Lari RUNMDM untuk Dorong Gaya Hidup Sehat

3. Membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang

Kandungan mangan, vitamin B, vitamin C, serta antioksidan pada nanas dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, misalnya akibat paparan sinar UV.

Selain itu, buah nanas juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis, terutama pada lansia.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat buah nanas untuk meningkatkan kesehatan jantung tidak terlepas dari kandungan antioksidan, kalium, serta serat di dalamnya yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrolnya agar tetap stabil.

Selain itu, konsumsi buah nanas juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah.

5. Memperkuat Tulang

Nanas menjadi salah satu buah tropis yang baik dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis. Buah yang satu ini memiliki kandungan mineral untuk membantu memperkuat tulang.

Nanas memiliki kandungan mineral mangan yang baik dalam memperbaiki jaringan-jaringan tulang. Meminum secangkir jus nanas akan memberi asupan mangan yang dibutuhkan manusia setiap harinya.

6. Menjaga kesehatan kulit

Baca Juga :
Penjelasan Pakar Mengapa Kebiasaan Begadang Bisa Merusak Jam Tubuh

Nanas dapat dikonsumsi atau dioleskan pada kulit untuk membantu melawan kerusakan kulit akibat matahari dan polusi. Kandungan vitamin C menjadi bagian penting dalam pembentukan kolagen yang dapat mengurangi kerutan dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. (wol/berbagaisumber/syf/d2)