Tak Hanya Melancarkan Pencernaan, Ini Sejumlah Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan

siaranrakyat ? Pakcoy atau Bok Choy adalah jenis sayuran yang berasal dari famili cruciferous yang masih satu keluarga dengan brokoli, kubis, dan kembang kol. Manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, pakcoy menyimpan segudang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam pakcoy di antaranya seperti protein, karbohidrat, kalsium, kalium, magnesium, vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan masih banyak lagi.

Penasaran apa saja manfaat konsumsi sayur Pakcoy bagi kesehatan? Simak ulasan lengkapnya yang sudah Waspada Online rangkum dari berbagai sumber.

1. Melindungi Kesehatan Mata
Berbicara tentang kesehatan mata, sayuran pertama yang banyak orang pikirkan adalah wortel. Wortel kaya akan beta-karoten yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata seiring bertambahnya usia dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit mata terkait usia. Nah, pakcoy juga mengandung vitamin A dan beta-karoten. Satu porsi pakcoy mengandung lebih dari setengah asupan vitamin A harian yang direkomendasikan.

2. Menjaga Kesehatan Kulit
Pakcoy mengandung vitamin C, yaitu antioksidan yang dikenal untuk melawan radikal bebas. Ini dapat membantu mengurangi risiko kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh matahari, asap, dan polusi. Vitamin C juga berperan dalam produksi kolagen alami tubuh dan dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan kerutan.

Baca Juga :
Sambut HUT Pertamina ke-66, Pertamina Berikan Santunan kepada Anak Yatim dan Adakan Donor Darah

3. Melancarkan Pencernaan
Manfaat sayur pakcoy selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat dalam pakcoy bermanfaat dalam membantu proses pencernaan. Konsumsi pakcoy secara teratur tidak hanya meningkatkan proses pencernaan, tetapi juga mengobati gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, hingga peradangan pada usus.

4. Memperkuat Tulang
Salah satu manfaat pakcoy untuk kesehatan tubuh yang cukup menjadi sorotan diantaranya mampu memperkuat tulang. Pasalnya, pakcoy termasuk salah satu sayuran yang mengandung banyak kalsium. Sehingga mengkonsumsi pakcoy secara rutin mampu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Selain itu, kandungan vitamin K dalam pakcoy juga mempu mengurangi risiko penyakit tulang.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat pakcoy untuk kesehatan yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut berkaitan dengan manfaat lainnya karena pakcoy mampu menangkal berbagai radikal bebas yang membahayakan kesehatan Kandungan vitamin C dalam pakcoy berperan aktif merangsang produksi sel darah puting dan juga bertindak sebagai antioksidan yang mencegah stres oksidatif serta penyakit kronis dari tubuh sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (wol/berbagaisumber/syf/d2)

Baca Juga :
BCF dan Kadin Indonesia Ajak Perguruan Tinggi dan Mahasiswa Peduli TBC