Tak Kalah Lezat, Ini 4 Makanan Pengganti Nasi Putih

siaranrakyat – Orang Indonesia memang sangat suka dengan nasi, bahkan tanpa nasi banyak orang menganggap hanya mengonsumsi camilan. Memang, nasi menjadi makanan pokok mayoritas masyarakat di Indonesia.

Tapi, nasi yang tinggi karbohidrat memang tidak baik bagi semua orang. Mereka yang harus mengurangi karbohidrat atau kalori mungkin menginginkan alternatif yang lebih ringan seperti kembang kol.

Selain itu, mengganti nasi dengan pilihan alternatif yang sehat, seperti biji-bijian lainnya, dapat menambah variasi pada pola makan Anda. Berikut ini adalah makanan pengganti nasi putih yang tak kalah lezat, dikutip dari berbagai sumber.

Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian yang dapat dimakan dan telah menjadi makanan pokok di Amerika Selatan selama ribuan tahun. Orang sering menggunakan quinoa sebagai pengganti nasi karena mengandung sembilan asam amino esensial, menjadikannya sebagai protein lengkap. Quinoa juga mendukung kesehatan jantung dan memiliki efek hipoglikemik yang membantu menurunkan gula darah.

Kubis Parut

Baca Juga :
Waspada, Kasus Cacar Monyet di Indonesia Bertambah Jadi 24 Orang

Kubis merupakan sayuran silangan yang bisa digunakan sebagai alternatif nasi. Orang biasanya mencacahnya hingga halus menggunakan food processor atau dengan tangan. Sayuran ini rendah kalori dan karbohidrat serta kaya akan vitamin dan mineral. Kubis juga kaya akan kalsium, senyawa bioaktif, serta vitamin C dan E.

Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan alternatif pengganti nasi yang sudah sangat populer. Kentang dapat diolah dalam berbagai cara berbeda seperti merebus, menumbuk, memanggang, atau memanggang.

Kentang mengandung berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti efek antioksidan, efek anti-inflamasi, efek anti kanker, menurunkan kolesterol, dan efek penyeimbangan gula darah.

Beras hitam

Beras hitam mengandung serat tiga kali lipat dari beras putih dan kaya akan nutrisi yang tidak dapat ditandingi oleh nasi putih. Adapun kandungan akan antioksidan, mengandung tujuh polifenol antosianin berbeda dalam kadar tinggi. Bears hitam sangat rendah gula dan merupakan sumber protein nabati yang baik. (wol/okezone/ryan/d2)

Baca Juga :
Kenali Penyebab dan Cara Penanganan Rambut Rontok