Tak Perlu Kerokan, Ini 5 Tips Atasi Masuk Angin

siaranrakyat – Cuaca panas terik, lalu minum es teh manis bisa berakibat fatal, yakni tak enak badan. Saat fisik kadang drop, kita mudah mengalami masuk angin.

Guna mengatasinya, biasanya masyarakat melakukan kerokan. Namun ternyata, masih banyak cara bisa dilakukan tanpa kerokan dan obat, berikut ulasannya.

1. Konsumsi minuman panas

Agar masuk angin reda, kamu bisa konsumsi minuman panas seperti teh panas atau jahe panas. Kemudian pakai minyak angin, makan, minum obat lalu tidur. Minuman panas baik untuk meredakan masuk angin.

2. Makan Sehat

Makan sehat menjadi peran penting dalam menjaga tubuh, sebab dari asupan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas). Penting bagi kita mengonsumsi sayur dan buah yang menjadi sumber vitamin, mineral dan serat.

Untuk membentuk sistem imun, disarankan mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin C. “Dengan vitamin C yang meningkatkan kekebalan, buah jeruk dapat membantu tubuh Anda mempertahankan diri dari infeksi tertentu,” kata Lisa Moskovitz, RDN, pendiri dan CEO The NY Nutrition Group dilansir dari Livestrong.

3. Istirahat yang cukup

Baca Juga :
Pengobatan Alat Vital Pria PS Kemis Cikupa Tangerang, M Abdul Abdilah, Langsung Terbukti Hasilnya dan Berpengalaman

Memiliki jam istirahat yang cukup sangat berperan dalam memulihkan kondisi fisik yang sedang lemah/sakit. Bagi mereka tidak cukup tidur setiap malam, lebih mungkin untuk sakit, seperti masuk angin.

4. Mengelola stres

Bukan hanya makan makanan sehat, tapi mengelola stres juga cukup penting bagi kesehatan. Sebab emosi tidak terkontrol dan tekanan pekerjaan bisa memicu stres.

Akhirnya mempengaruhi kesehatan tubuh stres jangka panjang meningkatkan peradangan, ketidakseimbangan dalam kekebalan tubuh, hingga permasalahan mental.

5. Olahraga

Kita tahu olahraga jadi penawar hampir semua penyakit, termasuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Melakukan olahraga terbukti menjaga daya tahan tubuh.

Namun, juga perlu diimbang dengan asupan makanan bergizi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa dikonsultasikan dengan doktermu, berapa idealnya durasi dan jenis olahraga pas untukmu. Contohnya olahraga setidaknya 30 menit, lima kali seminggu atau aktivitas aerobik yang kuat selama 20 menit tiga kali seminggu. (wol/okz/ryan/d1)

Baca Juga :
FWD Insurance Luncurkan Program Dukungan FWD Mind Strength untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Masyarakat Indonesia