Tingkatkan Skill Bahasa Inggris Sivitas Akademika, Unhas Luncurkan Platform Flow Speak

siaranrakyat, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin menggelar pengenalan dan peluncuran platform Flow Speak sebagai bagian dari upaya strategis Unhas peningkatan fasilitas dalam latihan berbicar bahasa Inggris. Kegiatan yang bertajuk “Flow-Speak Launching for Unhas Leaders 2024” ini diselenggarakan dengan meriah di Ruang Rapat Senat, lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Kamis (14/3/2024).

Dalam sambutannya, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., mengungkapkan apresiasinya terhadap peluncuran aplikasi Flow Speak sebagai solusi bagi seluruh sivitas akademika untuk belajar mandiri. “Dengan hadirnya platform ini, kami tidak hanya melihatnya sebagai sekadar sebuah aplikasi, tetapi sebagai sebuah solusi yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi dalam berbicara Bahasa Inggris di tengah-tengah tantangan globalisasi saat ini. Kami membutuhkan pemimpin akademis yang mumpuni dengan memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, sehingga program ini menjadi fasilitas penting bagi kemajuan Unhas,” jelas Prof. Jompa.

Rektor Unhas menambahkan bahwa kolaborasi antara Unhas dan Flow Speak ini merupakan kerja sama pertama di perguruan tinggi, dan berpotensi untuk memberikan kontribusi besar dalam pengembangan keterampilan berbahasa Inggris di kalangan sivitas akademika. Selain itu, kerja sama ini akan melahirkan program sertifikasi khusus bagi peserta, yang akan membuka jalan bagi pencapaian prestasi dalam bidang komunikasi internasional.

Baca Juga :
Mahasiswa UNISMUH Makassar Eksplorasi Praktik Public Relation di Nutrihub Makassar

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis, Prof. Dr. Eng. Adi Maulana, S.T., M.Phil. menekankan pentingnya sinergi dari seluruh sivitas akademika, terutama setiap fakultas, dalam memfasilitasi mahasiswa dalam program ini.

Prof. Adi Maulana juga menyampaikan jika Unhas telah diberikan lisensi sebagai “penyalur” program tersebut di Indonesia. “Dalam implementasinya, sinergi dari seluruh sivitas akademika sangatlah penting. Setiap fakultas diharapkan dapat menjadi mitra yang aktif dalam memfasilitasi mahasiswa dalam program ini, sehingga mereka dapat memperoleh manfaat maksimal dan menjadi agen perubahan yang tangguh di masa depan,” harap Prof. Adi Maulana.

Flow Speak merupakan platform inovatif yang dirancang untuk membantu para pengguna dalam mengasah kemampuan berbicara Bahasa Inggris dengan lebih percaya diri dan efektif. Dengan metode yang interaktif dan berbasis teknologi, aplikasi ini menawarkan beragam fitur, termasuk latihan berbicara, simulasi percakapan, serta umpan balik langsung dari para ahli bahasa.

Baca Juga :
Kalla Translog Mengajar Sasar Anak-Anak Pulau

Diharapkan, kehadiran platform ini akan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi Bahasa Inggris di kalangan sivitas akademika Unhas.

Dengan adanya peluncuran platform Flow Speak, Unhas menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan mahasiswa serta staf dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.