4 Tips Sehat saat Liburan di Tengah Panas Ekstrem

JAKARTA, siaranrakyat – Cuaca panas ekstrem yang menyengat tengah menjadi pembahasan hangat masyarakat. Bahkan, suhu panas di beberapa wilayah di Indonesia bisa mencapai suhu di atas 37 derajat celsius.

Meski demikian, masih ada saja masyarakat yang memilih untuk berlibur meski cuaca sedang sangar panas. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum Anda berlibur di tengah panas ekstrem yang melanda.

Merangkum dari Holiday Hypermarket, Sabtu (14/10/2023) berikut tips agar tetap sehat saat liburan di cuaca panas. Yuk disimak!

1. Air Putih yang Cukup

Pertama dan paling penting adalah mencukupi kebutuhan air untuk tubuh saat cuaca panas. Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga penting. Minum air putih yang cukup harus tetap dijaga dan tak boleh terlewat. Minum yang cukup tentu akan menjaga tubuhmu dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

Baca Juga :
Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal, Apa Saja?

2. Hindari Mandi Air Dingin

Selanjutnya hindari mandi air dingin. Saat liburan di cuaca panas, mandi air dingin sering kali jadi opsi utama. Mandi air dingin justru akan menutup pori-pori. Untuk itu, mandi air hangat justru disarankan apalagi setelah berpanas-panasan.

3. Konsumsi Vitamin

Mengonsumsi suplemen juga bisa jadi opsi untuk menjaga kesehatan tubuh saat liburan. Selain dari multivitamin, kamu juga bisa mendapatkan vitamin dari bahan makanan seperti sayur dan buah.

4. Istirahat yang Cukup

Satu lagi tips tetap sehat saat liburan di cuaca panas ialah istirahat yang cukup. Selain minum air putih dan tetap terhidrasi, istirahat yang cukup juga diperkukan khususnya saat liburan di cuaca panas.

Tetap tidur selama delapan jam untuk tetap menjaga stamina saat liburan. Pastikan kamu tidak memaksakan kondisi tubuh saat liburan agar tetap fit dan prima. (wol/berbagai sumber/d1)

Baca Juga :
LemINA Gandeng Dinas Kesehatan Sulsel Promosi Pencegahan dan Pengendalian Infeksi