5 Buah Yang Banyak Air, Bagus Untuk Dikonsumsi Saat Cuaca Panas

siaranrakyat – Saat ini cuaca panas terik melanda tanah air. Suhu rata-rata antara 36 derajat celcius hingga 38 derajat Celcius. Ini membuat kita gerah dan berkeringat.

Selain mengonsumsi air mineral secara teratur, kita juga bisa menghidrasi tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air. Tentunya dengan mengonsumsi buah kita bukan hanya mendapat air tetapi juga bisa menutrisi tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi terhidrasi dan imunitas pun meningkat sehingga tidak mudah sakit di cuaca panas ini.

Ini 5 buah yang banyak air, cocok dikonsumi saat cuaca panas.

1. Jeruk

Buah berwarna oranye ini sangat menyegarkan karena mengandung 88% kadar air. Selain itu, buah ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Jeruk mengandung vitamin C dan potasium yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan kesehatan jantung.

Jeruk juga kaya akan antioksidan penangkal penyakit, termasuk flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan. Sementara kandungan air dan serat dalam jeruk dapat meningkatkan perasaan kenyang yang membuat makanan yang masuk ke tubuh Anda terkendali.

2. Semangka

Semangka mengandung 92% kadar air. Hal ini membuat semangka disebut sebagai makanan yang paling menghidrasi. Tidak hanya menghidrasi, semangka juga mengandung banyak nutrisi. 154 gram semangka mengandung lebih dari 118 ml air, serat, vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Buah ini juga cukup rendah kalori, hanya menyediakan 46 kalori per cangkir. Hal ini karena kandungan airnya yang tinggi.

Baca Juga :
Apakah Saraf yang Rusak Bisa Kembali Normal? Begini Penjelasan Prof Ridha

Selain itu, semangka kaya akan antioksidan kuat, termasuk likopen. Senyawa ini telah dipelajari kemampuannya dalam mengurangi kerusakan oksidatif pada sel yang dikaitkan dengan penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes

3. Stroberi

Stroberi mengandung 91% berasal dari air. Dengan demikian, mengonsumsi stroberi dapat menambah asupan air harian tubuhmu. Buah berwarna merah ini juga mengandung banyak serat, antioksidan penangkal penyakit, serta vitamin dan mineral, serta vitamin C, dan folat.

Mengonsumsi stroberi secara teratur juga telah terbukti mengurangi peradangan, sehingga dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan berbagai jenis kanker.

4. Blewah

177 gram melon mengandung sekitar 90% air dan menghasilkan lebih dari setengah cangkir 118 ml air per porsi. Selain itu, blewah kaya akan vitamin A. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dengan melindungi terhadap infeksi.

5. Persik

Buah persik mengandung 89% air sehingga bisa membantu menghidrasi tubuhmu selama di musim panas ini. Tingginya kandungan vitamin pada buah persik ini menjadi alasan mengapa buah persik sangat mengenyangkan dan rendah kalori. Satu buah persik berukuran sedang diketahui hanya mengandung 60 kalori.

Baca Juga :
BCF dan Kadin Indonesia Ajak Perguruan Tinggi dan Mahasiswa Peduli TBC

Disamping itu, ada pula kandungan nutrisi lain dari buah persik yang baik untuk tubuh, yakni vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan potasium. (wol/okezone/ryan/d2)