5 Cara Menghilangkan Stres Usai Bekerja

siaranrakyat – Bekerja seharian kerap membuat seseorang menjadi stres. Adapun gejala stres yang sering terjadi yakni sakit kepala, sakit perut, kelelahan, dan sulit tidur. Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan. Sebab nantinya akan membawa dampak negatif untuk tubuh.

Stres dapat memengaruhi tidur sehingga akan mudah merasa lelah. Stres juga bisa mengganggu pencernaan. Meskipun ada berbagai cara untuk bersantai setelah bekerja, sangat penting untuk menentukan mana yang paling cocok untuk Anda.

Setelah menentukan apa yang membuat rileks, Anda dapat menjadwalkan kegiatan ini setelah bekerja. Berikut ini lima aktivitas untuk menghilangkan stres setelah bekerja. Carilah yang cocok dengan diri Anda dan lakukanlah setelah bekerja.

1. Mandi

Setelah bekerja, mandi air panas atau mandi air hangat untuk meredakan ketegangan. Cara ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu mengendurkan otot Anda sehingga terasa rileks.

Cobalah untuk menambahkan produk mandi dengan minyak esensial yang menenangkan seperti peppermint dan calendula. Untuk membuat pengalaman mandi Anda lebih santai, bisa tambahkan garam Epsom.

2. Menyantap makanan enak

Setelah sepulang kerja Anda pasti ingin mengisi energi dengan menyantap makanan yang lezat. Misalnya makan sepotong pizza atau sekantong keripik. Namun, alangkah baiknya untuk memerhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hindari makan sembarangan yang bisa meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit.

Baca Juga :
Kenali 5 Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan, Apa Saja?

Disarankan untuk memilih asupan makanan berkualitas lebih tinggi termasuk karbohidrat kompleks, dan makanan berserat tinggi seperti gandum, sayuran tumis di atas quinoa, serta sup berbasis kacang.

Stres dapat membahayakan kekebalan, jadi makan makanan tinggi buah-buahan dan sayuran memberi Anda mineral dan nutrisi yang Anda butuhkan untuk mempertahankan tingkat energi yang stabil dan mencegah penyakit.

3. Mendengarkan musik favorit

Musik selalu memiliki efek menenangkan pada pikiran. Setelah bekerja, luangkan waktu untuk menikmati rekaman, pemain, atau daftar putar favorit Anda. Carilah seorang musisi yang musiknya menenangkan Anda dan berbicara kepada Anda.

Anda juga dapat memilih untuk mendengarkan musik yang menenangkan yang akan membantu Anda tertidur atau musik yang mengangkat semangat Anda.

4. Menulis jurnal

Pikirkan tentang menyimpan buku catatan sehingga Anda dapat menuliskan emosi Anda. Untuk membantu Anda melepaskan dan memproses perasaan Anda, tuliskan tujuan dan perasaan Anda.

Anda dapat lebih berhasil mengatasi masalah dan lebih memahami perasaan Anda dengan membuat jurnal. Anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri Anda dengan membuat jurnal.

5. Meditasi

Bernapas sambil melakukan meditasi tentu lebih baik dibandingkan dengan bernapas biasa. Untuk melakukan meditasi, hembuskan napas, dorong perut Anda keluar dan simpan di sana untuk sementara waktu. Kemudian, keluarkan udara dan tarik perut Anda kembali.

Baca Juga :
BPJS Kesehatan Gandeng BKS IKM-IKP-IKK-FKI untuk Tingkatkan Kompetensi Dokter

Anda mungkin akan merasakan dampak peningkatan oksigen di seluruh tubuh dan pikiran Anda dengan menyadari kapan dan bagaimana napas Anda masuk dan keluar dari tubuh Anda. Pikirkan tentang bermeditasi untuk membantu mengatur ulang otak Anda.

Anda mungkin memiliki lebih sedikit stres dan kecemasan setelah berlatih meditasi. Luangkan beberapa menit dalam meditasi. Cobalah untuk bereksperimen dengan berbagai metode seperti mind-clearing atau meditasi yang berfokus pada emosi. (wol/okezone/ryan/d2)