BMKG Prediksi Hujan Lebat Akan Melanda Kawasan Pegunungan Malam Ini

MEDAN, siaranrakyat – Memasuki musim penghujan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di kawasan pegunungan yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan Utami Al Khairiyah dalam keterangannya menuturkan waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah pegunungan, Lereng Timur, Pantai Barat dan Lereng Barat Sumatera Utara yang dapat berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.

?Dan secara umum, untuk wilayah di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya,? tuturnya, Rabu (18/10).

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Samosir, Toba, Medan, Deli Serdang, Langkat, Toba dan sekitarnya.

Baca Juga :
Jaringan 4G XL Axiata Tersedia di Pulau Terpencil NTT, Masyarakat Pulau Alor Bisa Lebih Produktif

?Untuk di malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara,? ungkapnya.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Padang Lawas Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Samosir, Toba, Medan, Deli Serdang, Langkat, Simalungun dan sekitarnya.

?Dini hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Mandailing Natal, Padang lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Samosir, Toba, Deli Serdang dan sekitarnya,? jelasnya.

?Dan suhu udara 15?33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 ? 97 persen dan angin berhembus dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 ? 30 km/jam, ini berdasarkan data yang kami dapat,? tandasnya. (wol/eko/d2)

Baca Juga :
Tekan Inflasi, BI Sulsel Gandeng Pemprov Lakukan Gerakan Tanam Cabai

Editor: Ari Tanjung