Cara Lengkap Melacak HP yang Hilang Melalui WA

siaranrakyat – HP yang hilang tentu sangat merepotkan, apalagi jika di dalamnya terdapat data-data penting yang terkait dengan pekerjaan. Jangankan sampai hilang, lupa menaruh HP saja sudah merepotkan.

Meski demikian, Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak lokasi HP yang hilang tersebut. Ada beberapa aplikasi yang tersedia untuk melacak ponsel yang hilang atau dicuri, seperti adalah “Prey,” “Cerberus,” atau “Lookout.”

Tentu saja aplikasi tersebut harus terinstal lebih dulu, sebelum HP hilang. Lalu bagaimana jika HP hilang lebih dulu? Mengingat sebagian besar HP sudah terinstal aplikasi WA (WhatsApp), ada cara melacak HP hilang lewat WhatsApp.

Lalu bagaimana cara melacak HP hilang Lewat WA? Simak Penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (6/10/2023).

Cara Melacak HP Hilang Lewat WA di HP Lain

Cara melacak HP hilang lewat WA bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah cara melacak Hp hilang lewat WA di HP lain. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Aplikasi WhatsApp pada HP Lain: Pertama, pastikan Anda memiliki akses ke HP lain yang sudah terhubung dengan akun WhatsApp Anda. Buka aplikasi WhatsApp di HP tersebut.

2. Cari Kontak atau Nomor WhatsApp pada HP yang Hilang: Di aplikasi WhatsApp HP lain, cari kontak atau nomor WhatsApp yang terhubung dengan HP yang hilang.

3. Bagikan Lokasi Terkini: Setelah Anda membuka obrolan dengan kontak tersebut, cari ikon “Attach” atau “Lampiran” (biasanya berbentuk ikon penjepit atau semacamnya, tergantung pada versi WhatsApp).

4. Pilih Ikon Lokasi: Setelah itu, pilih ikon lokasi. Ini akan membuka pilihan untuk membagikan lokasi Anda.

5. Atur Waktu Berlakunya Pembagian Lokasi: Anda akan diminta untuk mengatur berapa lama pembagian lokasi akan berlangsung. Pilih waktu paling lama, yaitu 8 jam, untuk memastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk melacak perangkat Anda yang hilang.

6. Bagikan Lokasi: Setelah mengatur waktu, klik “Selanjutnya” atau tombol serupa. Lokasi Anda akan dibagikan ke nomor WhatsApp di HP yang hilang.

7. Melihat Lokasi yang Dibagikan: Di HP yang hilang, Anda akan menerima pesan yang berisi lokasi yang telah dibagikan. Klik pesan tersebut.

8. Melihat Lokasi Terkini: Setelah membuka pesan, Anda akan melihat kotak pilihan. Pilih opsi “Melihat lokasi terkini pada kotak pilihan.”

9. Buka Lokasi di Google Maps: Lokasi yang telah Anda bagikan akan muncul di layar. Klik “Dapatkan arah” untuk membuka Google Maps. Ini akan membantu Anda mengarahkan diri ke lokasi HP yang hilang.

Baca Juga :
Trafik Data XL Axiata Naik 15 Persen Selama Nataru 2024

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat melacak HP yang hilang menggunakan WhatsApp melalui HP lain.

Namun, pastikan Anda juga melaporkan kehilangan perangkat Anda kepada pihak berwenang jika diperlukan. Selalu berhati-hati dan aman saat mencoba melacak perangkat yang hilang, terutama jika Anda merasa bahwa perangkat tersebut dicuri.

Cara Melacak HP Hilang Lewat WA Web

Cara melacak HP hilang lewat WA yang kedua bisa dilakukan dengan mengakses WhatsApp versi web. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan Akun WhatsApp Aktif

Langkah pertama adalah memastikan bahwa akun WhatsApp Anda masih aktif di perangkat lain. Anda perlu menggunakan perangkat lain, seperti ponsel teman atau komputer, untuk mengakses akun WhatsApp Anda.

2. Hubungi Nomor WhatsApp Anda

Pertama-tama, cobalah menghubungi nomor WhatsApp Anda yang hilang. Ini bisa dilakukan melalui ponsel lain atau aplikasi WhatsApp Web di komputer. Jika ponsel Anda masih aktif dan terhubung ke internet, ada kemungkinan besar Anda akan dapat berkomunikasi dengan perangkat Anda yang hilang.

3. Aktifkan Fitur Pelacakan Lokasi di WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur pelacakan lokasi yang memungkinkan Anda untuk melihat lokasi perangkat Anda secara real-time. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka aplikasi WhatsApp pada perangkat lain atau WhatsApp Web di komputer.

– Buka obrolan dengan nomor WhatsApp Anda yang hilang.

– Ketuk ikon lampu petir di bagian bawah layar (lampu petir adalah ikon berbagi lokasi).

– Pilih “Bagikan Lokasi Saya” atau “Lokasi Saya” tergantung pada versi WhatsApp yang Anda gunakan.

– Anda akan diminta untuk mengizinkan WhatsApp mengakses lokasi Anda. Izinkan akses tersebut.

– Lokasi perangkat Anda yang hilang akan ditampilkan dalam obrolan.

4. Lacak Lokasi dengan Google Maps

Setelah Anda mengaktifkan fitur pelacakan lokasi di WhatsApp, Anda dapat membuka tautan lokasi yang dibagikan dalam obrolan menggunakan Google Maps. Ini akan membuka peta dengan lokasi perangkat Anda yang hilang yang diperbarui secara real-time.

5. Hubungi Pihak Berwenang

Jika Anda tidak dapat melacak perangkat Anda dengan langkah-langkah di atas atau jika perangkat Anda benar-benar hilang atau dicuri, segera hubungi pihak berwenang dan laporkan kehilangan perangkat Anda. Mereka mungkin dapat membantu Anda melacak atau mengambil tindakan yang sesuai.

Baca Juga :
Hadir di Kota Medan, Biznet Festival 2023 Ajak Anak Muda Tampilkan Kemampuan

Apa yang perlu dilakukan agar proses pelacakan berhasil?

Agar cara melacak HP hilang lewat WA bisa sukses, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu, seperti yang dijelaskan berikut:

1. Aktifkan Fitur Pelacakan Lokasi dalam Pengaturan Privasi WhatsApp

Sebelum perangkat Anda hilang, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur pelacakan lokasi dalam pengaturan privasi WhatsApp. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berbagi lokasi Anda dengan kontak tertentu dalam obrolan. Dengan mengaktifkannya sebelumnya, Anda akan dapat menggunakannya ketika perangkat Anda hilang.

2. Pertimbangkan Keamanan Tambahan

Selalu pertimbangkan untuk meningkatkan keamanan perangkat Anda dengan mengaktifkan fitur tambahan seperti kunci layar atau identifikasi sidik jari. Ini akan membantu mencegah akses yang tidak sah ke perangkat Anda jika hilang atau dicuri.

3. Lakukan Tindakan dengan Hati-Hati

Ketika perangkat Anda hilang, tetap tenang dan berhati-hati. Jangan mencoba menghadapi orang asing atau mengambil tindakan yang berisiko untuk mendapatkan kembali perangkat Anda. Lebih baik laporkan kehilangan perangkat Anda kepada pihak berwajib dan ikuti langkah-langkah yang aman.

4. Hubungi Nomor WhatsApp Anda yang Hilang

Sebelum mencoba melacak perangkat Anda, cobalah menghubungi nomor WhatsApp Anda yang hilang melalui perangkat lain atau WhatsApp Web. Ini bisa membantu Anda mengetahui apakah perangkat tersebut masih aktif dan dapat diakses.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda akan lebih siap untuk menggunakan fitur pelacakan lokasi WhatsApp ketika perangkat Anda hilang. Tetapi selalu prioritaskan keamanan dan pertimbangkan untuk melaporkan kehilangan perangkat Anda kepada pihak berwajib jika diperlukan. (liputan6.com)