Cegah Kanker Payudara, Fakultas Psikologi USU Edukasi ‘SADARI’ ke Remaja Putri

MEDAN, siaranrakyat – Tim Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU) sukses menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat dengan mengusung kegiatan “Psikoedukasi Terhadap Peningkatan Perilaku SADARI Remaja Putri dalam Upaya Pencegahan Kanker Payudara”.

Kegiatan ini melibatkan dua mitra, yaitu SMA Islam Terpadu Al Fityan dan SMP Negeri 2 Medan. Tim pengabdian ini diketuai oleh Hasnida Ph.D, Psikolog yang merupakan dosen dari Fakultas Psikologi USU.

Hasnida juga berkolaborasi dengan dua anggota dosen lainnya yaitu Namora Lumongga Lubis, MSc, PhD, dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat USU dan juga Dr dr. Ramona Dumasari Lubis, M.Ked (KK), Sp.KK FINSDV FAADV, yang merupakan dosen dari Fakultas Kedokteran USU.

Selain dosen, kegiatan ini juga didampingi oleh enam orang mahasiswa Fakultas Psikologi USU yaitu, Gresya Sondang Muliana S., Fatwa Christian Manullang, Jesania Sharon, Tariza Yuvi Yolanda, Devi Agnestasya Pane, dan Yollah Adimurnia.

Hasnida mengatakan, pengabdian ini merupakan program kerjasama tim Fakultas Psikologi USU dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USU yang ikut berkontribusi dalam upaya berkelanjutan untuk memberdayakan masyarakat setempat.

“Di ke dua sekolah ini, kegiatan berlangsung selama kurang lebih dua jam dengan rangkaian pembukaan oleh Ketua Pengabdian dan Wakil Kepala Sekolah, pengerjaan pre-test skala SADARI, psikoedukasi perilaku SADARI, praktek SADARI, sesi tanya jawab antara murid dan pemateri, pengerjaan post-test skala SADARI, penutupan, dan dokumentasi,” kata Hasnida dalam keterangan tertulis yang diterima Waspada Online, Jumat (13/10).

Baca Juga :
Segudang Manfaat Tidur Siang, Bisa Menyehatkan Jantung Lho!

Hasnida mengaharapkan, melalui kegiatan ini, seluruh peserta pengabdian dari kedua mitra dapat lebih peduli dengan kesehatan dan perkembangan kesehatan payudaranya sendiri.

“Selama kegiatan, mahasiswa selalu menghimbau peserta untuk menyimak pemaparan psikoedukasi oleh perawat Marta Sutriska Sagala agar kemudian hari mampu mempraktekkan perilaku SADARI,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Medan, Siti Aisah Siregar, memberikan apresiasi kepada tim pengabdian karena telah memberikan edukasi yang baik tentang periksa payudara sendiri. Ia berpesan kepada para siswa untuk menyimak materi yang dipaparkan sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Siti menyatakan bahwa kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi para siswa karena dapat menjadi modal perilaku sehat untuk menjaga diri dari penyakit kanker payudara.

“Berharap bahwa edukasi yang baik tentang SADARI ini juga dapat diadakan untuk para guru di SMP Negeri 2 Medan,” tambahnya.

Terpisah, respon positif juga didapatkan dari Wakil Kepala Sekolah SMAIT Al-Fityan Medan, Tri Wahyuni, yang mengharapkan kegiatan pengabdian ini dapat bermanfaat bagi semua peserta yang akhirnya bisa dipraktekkan di kehidupan seterusnya.

Baca Juga :
Prof Ridha Ajak Kaum Ibu Kurangi Angka Kematian Akibat Kanker Payudara di Indonesia

Dia juga memberikan semangat kepada seluruh peserta yang mengikuti Psikoedukasi ini. “Pengabdian ini adalah kegiatan yang bagus, sehingga kegiatan ini juga dapat diadakan kembali untuk para guru di SMAIT Al-Fityan Medan,” pungkasnya. (wol/man/d1)

Editor AGUS UTAMA