Waspada, Ini Buah-buahan yang Patut Dihindari Pengidap Diabetes

JAKARTA, siaranrakyat – Pengidap diabetes dalam kesehariannya sangat perlu menjaga asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi, bukan hanya dari makanan dan minuman manis atau hidangan yang berlemak, tapi juga buah-buahan.

Ya, Anda tak salah membaca kok karena pasien diabetes tak boleh sembarangan mengonsumsi buah-buahan. Nah, bertepatan di Hari Diabates Sedunia ini, tak ada salahnya untuk lebih jeli memilih buah mana yang perlu dihindari oleh penderita diabetes.

Dokter Ahli Gizi, dr. Jovita Amelia MSc. Sp.GK mengatakan, buah-buahan yang tinggi glikemiks memang perlu dihindari oleh orang-orang dengan diabetes.

?Buah-buah yang indeks glikemiksnya tinggi ya yang perlu di hindari,? ungkap dr. Jovita saat dihubungi MNC Portal Indonesia, belum lama ini.

Baca Juga :
Ini Perbedaan Rokok Kretek dan Filter

Indeks glikemik sendiri adalah angka yang menunjukan tingginya kadar gila darah dalam suatu asupan, termasuk di buah-buahan. Indeks glikemik dikatakan tinggi saat sudah mencapai lebih dari 70.

Lantas apa saja buah-buahan yang tinggi indeks glikemiknya? Ternyata, termasuk dari mulai semangka, sawo, nangka, pisang, mangga hingga nanas loh!

?Kalau semangka sekitar 72, nanas sekitar 66, pisang matang 60, mangga 60, kurma 103. ini bisa lebih tinggi kalau buahnya semakin matang,? tutur dr. Jovita lagi.(wol/okezone/eko/d2)

Baca Juga :
Pelindo Day 2023, Pelindo Group Wilayah Kerja Makassar Gelar Aksi Donor Darah