Daftar 10 Aplikasi Adzan Otomatis Offline Terbaik untuk Android, Download Gratis!

siaranrakyat – Indonesia adalah salah satu negara dengan pemeluk Islam terbanyak di dunia. Dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia mencapai 278,69 juta jiwa, yang dimana sebanyak 277.534.122 orang menganut agama Islam.

Demi menghormati agama mayoritas, sejumlah televisi nasional selalu menyediakan satu sesi tayangan adzan Magrib dan Subuh.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tidak mewajibkan sesi adzan harus tayang di setiap televisi. Namun KPI membuat Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS) yang diterbitkan oleh KPI tahun 2012 yang menyatakan bahwa “Adzan sebagai tanda waktu shalat dilarang disisipi dan/atau ditempeli (built in) iklan.”

Namun akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan penampilan Bacapres Ganjar Pranowo di dalam cuplikan adzan Magrib di salah satu stasiun televisi nasional.

Banyak yang berpendapat seharusnya Ganjar tidak boleh tampil di iklan adzan tersebut mengingat statusnya sebagai Bacapres.

Namun berdasarkan pertimbangan KPI, tayangan itu tidak termasuk pelanggaran karena tidak melanggar ketentuan dalam P3SPS. Terlebih lagi, Ganjar masih belum berstatus sebagai capres yang resmi didaftarkan di KPU, sehingga penampilannya di tayangan adzan hanya dianggap sebagai talent saja.

Tayangan adzan di TV memang sangat membantu umat Islam di Indonesia untuk menjalankan kewajibannya.

Namun aktivitas yang sangat banyak, terkadang membuat mereka lupa untuk menjalankan kewajibannya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, mereka mulai mengandalkan aplikasi azan di smartphone untuk bisa menerima pengingat adzan dan sholat.

Bagi yang tertarik, berikut 10 rekomendasi aplikasi adzan terbaik yang dilengkapi dengan fitur Al Quran digital, melansir Inilah.com, Sabtu (16/9):

1. Al Quran Indonesia

Rekomendasi aplikasi adzan pertama adalah Al Quran Indonesia yang telah digunakan puluhan juta pengguna.

Aplikasi ini menawarkan beragam fitur menarik yang sangat dibutuhkan oleh umat muslim.

Salah satunya adalah jadwal shalat dan imsakiyah, alarm adzan, arah kiblat, kalender Hijriah, widget, dan masih banyak lainnya.

2. Umma

Umma adalah aplikasi untuk umat Muslim yang dilengkapi dengan beragam fitur menarik, seperti Al Quran digital, waktu shalat, arah kiblat, doa harian, kalender Islami, notifikasi adzan, dan masih banyak lainnya.

Menariknya lagi, di sini pengguna bisa menemukan berbagai macam konten Islami seperti artikel, video khutbah, dan kutipan Al Quran. Jadi pengguna bisa berbagi konten bermanfaat untuk kerabat terdekat atau keluarga.

Baca Juga :
Tri Tingkatkan Kemampuan Talenta Esports Indonesia dengan H3RO Masterclass, Level Up Menuju Tingkat Dunia

3. Muslim Pro

Muslim Pro merupakan salah satu aplikasi adzan terbaik dan populer yang sudah digunakan lebih dari 15 juta pengguna.

Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur yang sangat bermanfaat, salah satunya adalah jadwal puasa selama bulan Ramadhan, jadwal sholat berdasarkan lokasi, notifikasi adzan, Al Quran dengan audio tilawah, kumpulan doa sehari-hari, arah kiblat, kalender Hijriyah, dan Asmaul Husna.

4. Prayer Times Muslim All in One

Prayer Times Muslim adalah aplikasi pengingat sholat yang juga menyediakan berbagai macam fitur yang membantu umat Muslim menjalankan kegiatan ibadahnya.

Selain alarm adzan, pengguna juga bisa membaca Al-Quran, doa harian, Asmaul Husna, dan penunjuk arah kiblat berbasis GPS.

Tidak hanya itu, di dalam aplikasi juga tersedia fitur kalkulator Zakat. Fitur ini sangat berguna sekali bagi mereka yang bingung penghitungan Zakat.

5. Waktu Azan dan Kiblat

Bagi yang menggunakan smartphone entry level dengan memori penyimpanan terbatas, Anda bisa unduh aplikasi Waktu Adzan dan Kiblat yang hanya memiliki ukuran 3,3 Mb saja.

Aplikasi berukuran kecil ini memiliki tampilan sederhana yang ramah pengguna. Meski terlihat biasa saja, aplikasinya bisa diandalkan untuk pengingat jadwal sholat dan arah kiblat berdasarkan GPS atau lokasi pengguna.

6. Athanotify

Aplikasi adzan terbaik selanjutnya adalah Athanotify yang berukuran 7 Mb saja.

Aplikasi ini menawarkan fitur jadwal sholat, arah kiblat, alarm azan, kalender Hijriyah, dan fitur widget cantik yang bisa digunakan di bagian layar homescreen sehingga pengguna bisa melihat jadwal sholat dengan lebih mudah.

7. Salaam

Salaam merupakan aplikasi khusus umat muslim yang dibuat oleh PT Samsung Electronics Indonesia.

Hebatnya lagi, aplikasi ini sudah mendapat Sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Aplikasi ini tidak hanya terbatas untuk pengguna HP Samsung saja, pengguna smartphone lain juga bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi ini.

Untuk fitur, Salaam menawarkan layanan yang hampir sama seperti aplikasi adzan lainnya, seperti Al Quran digital, jadwal sholat, petunjuk kiblat, doa harian, kalender hijriah, dan notifikasi adzan.

8. Athan

Athan merupakan aplikasi pengingat sholat yang sangat akurat.

Aplikasi ini bekerja melalui sistem GPS, jadi pengguna bisa mendapat notifikasi adzan di waktu yang tepat.

Fitur lain yang ditawarkan aplikasi ini juga beragam, mulai dari Al Quran digital, jadwal sholat, catatan doa, pelacakan sholat, doa & azkar, dzikir, panduan Haji atau Umrah, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :
Kirim Barang Hemat di Akhir Tahun, GoSend Ajak Pengguna Manfaatkan Flat Ongkir

9. Vmuslim

Selanjutnya ada Vmuslin yang tidak hanya menyediakan fitur pengingat waktu sholat saja, tetapi juga menawarkan fitur bermanfaat bagi umat muslim.

Salah satu fitur yang dimiliki aplikasi ini adalah Al Quran digital, kumpulan doa harian, dzikir, konten tentang keagamaan, dan pilihan suara muadzin untuk notifikasi azan.

Canggihnya lagi, fitur Al Quran yang disediakan oleh aplikasi ini dilengkapi dengan audio dan terjemahan. Jadi pengguna bisa membaca ayat suci Al Quran dengan tone yang benar.

Menariknya lagi, fitur Al Quran digital Vmuslim bisa digunakan secara offline. Jadi pengguna dapat membaca ayat suci Al-Qur’an di mana saja dan kapan saja.

10. Muslim Pocket

Opsi aplikasi adzan terbaik terakhir adalah Muslim Pocket.

Aplikasi ini menyediakan fitur pengingat sholat beserta adzan, jadwal puasa, doa harian, wallpaper Islami, kalender Hijriah, Al Quran digital, dan masih banyak lainnya.

Al Quran digital yang disediakan oleh aplikasi ini dilengkapi dengan audio, terjemahan, dan keterangan tajwid. Jadi pengguna bisa belajar membaca Al-Quran dengan nada yang tepat.

Bagi yang senang traveling, aplikasi ini sangat cocok sekali untuk Anda. Sebab aplikasi ini juga menyediakan peta yang menunjukkan lokasi masjid terdekat dan restoran halal terdekat. (inilah/tech/pel)