Dibuka ONMIPA PT Tingkat Nasional, Rektor Unhas: Basic Sains Kunci Indonesia Maju

siaranrakyat, MAKASSAR – Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA PT) tingkat nasional tahun 2024 resmi dibuka, Senin (13/5/2024) di Auditorium Prof Amiruddin Universitas Hasanuddin (Unhas). Ajang prestasi nasional ini dibuka oleh Dirjen Diktiristek Prof Dr Rer Nat Abdul Haris MSc yang hadir secara virtual.

ONMIPA PT adalah salah satu kompetisi nasional bergengsi pada bidang akademik antar PT yang dilakukan setiap tahun. Kegiatan ini diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang tahun ini bekerja sama dengan Unhas sebagai host.

Tahun ini ONMIPA PT diikuti 260 peserta dari 89 universitas di seluruh Indonesia. Peserta tersebut sebelumnya telah mengikuti seleksi tingkat wilayah dan dinyatakan lolos ke tingkat nasional.

Hadir dalam kegiatan ini Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K), Direktur Kemahasiswaan Abdullah Sanusi PhD, tim BPTI, tim juri, pimpinan dan pembina kemahasiswaan perguruan tinggi se Indonesia, serta mahasiswa peserta ONMIPA.

Baca Juga :
Duta Besar Uni Eropa Beri Kuliah Umum Terkait Kebijakan dan Kerjasama dengan Indonesia

Dalam sambutannya, Prof Jamaluddin Jompa menyampaikan agar ONMIPA ini bukan hanya ajang kompetisi tapi menjadi momentum memunculkan kembali semangat baru agar Indonesia tidak tertinggal di bidang Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).

?Indonesia tidak akan siap dan tidak akan pernah menjadi negara maju bila kemampuan Science, Technology, Engineering, and Mathematics tidak berkembang. Kita sudah kalah jauh dari segi kompetitif dari negara tetangga,? ujar Rektor yang sering disapa Prof JJ.

Prof JJ juga menegaskan pentingnya basic science. Menurutnya tanpa ada dasar ilmu pengetahuan tidak akan hadir inovasi.

?Seharusnya FMIPA menjadi fakultas yang favorit. Kenapa? Karena ini adalah penentu masa depan. Ada kekeliruan ini, kesalahan pemimpin perguruan tinggi, seolah-olah basic science itu tidak penting, semua harus di hilirisasi,? tegasnya.

Sementara itu, Dirjen Diktiristek dalam video sambutannya menyampaikan bahwa ONMIPA menjadi salah satu ajang paling prestisius di negeri ini. Ia juga menegaskan bahwa kompetisi ini tidak hanya meningkatkan pembelajaran, juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi.

Baca Juga :
UIN Alauddin Makassar Kukuhkan Tiga Guru Besar

?Selama lebih dari satu dekade pelaksanaan ONMIPA telah melahirkan banyak alumni yang berkontribusi di banyak bidang. Kami ucapkan selamat mengikuti ONMIPA tingkat nasional,? tambahnya.

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat, terkhusus Unhas sebagai tuan rumah.

Diketahui, ONMIPA PT akan berlangsung hingga 17 Mei 2024. Malam penganugerahan dan penutupan akan berlangsung 16 Mei.