Kalahkan Everton, Guardiola Sebut Pemainnya Tunjukkan Mental Juara

MERSEYSIDE, siaranrakyat – Pep Guardiola mengeklaim bahwa Manchester City menunjukkan mengapa mereka menjadi juara dunia setelah comeback yang mendebarkan melawan Everton, Kamis (28/12). Manchester City sempat tertinggal dari gol Jack Harrison di babak pertama, tapi gol dari Phil Foden dan Julian Alvarez membuat City memegang kendali sebelum Bernardo Silva menjadi 3-1.

Guardiola memuji pasukannya yang mampu bangkit dari ketertinggalan setelah banyaknya peluang yang terbuang di babak pertama memberi Everton keunggulan dalam pertandingan tersebut. “Itulah mengapa kami adalah juara dunia, tim terbaik di dunia,” kata Guardiola.

Dia menegaskan kemenangan tersebut sangat penting bagi timnya. Itu merupakan kemenangan besar untuk memperpendek jarak dengan pemuncak klasemen dan membuat mereka tetap dalam perburuan gelar Liga Primer Inggris.

“Saya sangat senang dengan reaksi kami dan betapa istimewanya kelompok pemain ini, mentalitas yang kami miliki. Kami tidak berada di puncak klasemen tapi banyak hal bisa terjadi,” ujarnya.

Baca Juga :
Final Liga Anak Lorong, Dispora Makassar Perketat Lagi Keamanan

Manchester City tertinggal lima poin di belakang pemimpin klasemen Liverpool dengan satu pertandingan tersisa tetapi masih tanpa Erling Haaland, Kevin De Bruyne dan Jeremy Doku. Haaland belum menyelesaikan sesi latihan dengan tim dan akan melewatkan kunjungan ke Sheffield United, sementara City kembali mendapat pukulan cedera tadi malam ketika John Stones tertatih-tatih sebelum jeda karena masalah pergelangan kaki.

Stones mengejar ketinggalan untuk mencegah Beto mencetak gol meskipun striker Everton itu jelas-jelas berada dalam posisi offside dan hakim garis tetap menurunkan benderanya setelah arahan untuk mengizinkan permainan dilanjutkan.

“Saya katakan kepada (ofisial keempat) Anthony Taylor bahwa hal itu sama dengan (hukum) handball,” kata Guardiola. “Anda pergi ke Eropa (di Liga Champions) dan itu berbeda. Jika dia offside, dia offside. Dia jelas berada dalam posisi offside. Sekarang John terluka. Mereka bilang saya benar (mengeluh). Cederanya tidak terlihat bagus,” ujarnya.

Baca Juga :
Rodrygo tak Tertarik ke Liga Inggris

Stones meninggalkan Goodison Park dengan sepatu pelindung, sementara Ruben Dias absen karena sakit. Guardiola menegaskan bahwa City tidak bermain buruk meski meraih hasil mengecewakan di dalam negeri. (wol/republika/ari/d1)