Kementerian BUMN dan PLN Tinjau Lokasi Listrik Desa

NIAS, siaranrakyat – Komitmen pemerintah untuk pemerataan pelayanan dan akses ketenagalistrikan bagi masyarakat daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) khususnya di Kepulauan Nias melalui dana PMN (Penyertaan Modal Negara) terus di lakukan.

Kali ini, Bidang Industri Energi, Minyak dan Gas Kementerian BUMN bersama General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara dan Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Sumatera Utara melakukan uji petik realisasi salah satu pembangunan listrik desa melalui dana PMN tahun 2022 di Desa Samasi, Kecamatan Gunung Sitoli Idanoi, Kepulauan Nias, Sumatera Utara (7/9).

Dalam sambutannya, Koordinator Asisten Deputi Bidang Industri Energi, Minyak dan Gas Kementerian BUMN, Luizah menyampaikan pemerintah melalui PT PLN (Persero) bertugas untuk melistriki seluruh pelosok desa yang ada di Indonesia.

?Atas nama pemerintah kami mengucapkan selamat menikmati listrik dimana dalam proses pembangunan jaringan telah menggunakan dana PMN. Menghadirkan listrik hingga kepelosok desa menjadi tugas negara. Dengan adanya listrik diharapkan dapat meningkatkan perekonomian hingga kualitas pendidikan yang lebih baik,? ujar Luizah.

Melalui PMN, pemerintah menyuntikkan modal ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memperkuat modal perusahaan dan menunjukkan komitmen pemerintah terhadap efisiensi anggaran sekaligus meningkatkan biaya produksi. Diharapkan, PT PLN (Persero) dapat memperkuat perannya sebagai penyedia kelistrikan di Indonesia.

Baca Juga :
Pertamina Patra Niaga Sulawesi Cepat Tanggap Salurkan Bantuan Banjir di Luwu

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara, Awaluddin Hafid menuturkan Bidang Industri Energi, Minyak dan Gas Kementerian BUMN hadir di desa Samasi adalah untuk memastikan PLN telah membangun jaringan listrik desa dengan baik. Dalam proses pembangunannya, masyarakat di desa samasi juga turut membantu PLN sehingga proses pembangunan dapat diselesaikan tepat waktu.

?Kementerian BUMN ingin memastikan pembangunan jaringan listrik desa yang di lakukan oleh PLN UID Sumatera Utara telah terbangun dengan baik. Kami juga telah melihat konstruksi jaringan yang telah sangat baik dan sepanjang jaringan tersebut bersih dari pepohonan. Kami juga merasa senang, masyarakat di desa Samasi turut bahu membahu membantu PLN dalam proses pembangunan jaringan di desa ini,? pungkas Awaluddin.

Awaluddin juga menambahkan, PLN telah membangun jaringan listrik sepanjang 3.550 Kilometer sirkuit jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), 3 unit trafo distribusi dengan kapasitas 50 kilo Volt Ampere (kVA) dan sebanyak 110 pelanggan dapat menikmati listrik PLN selama 24 jam.

Eduard Zamasi salah satu tokoh agama di Desa Samasi mengucapkan terima kasih atas perhatia pemerintah kepada masyarakat di Kepulauan Nias dan PLN yang telah membangun jaringan listrik di desa Samasi.

Baca Juga :
BMKG Prediksi Hujan Lebat Akan Melanda Kawasan Pegunungan Malam Ini

?Masuknya listrik ke desa Samasi merupakan cita ? cita kami sejak lama. Mewakili masyarakat desa Samasi kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan PLN telah membantu kami untuk bisa menikmati listrik selama 24 jam,? ungkap Eduard.

?PLN juga mengajak masyarakat di desa Samasi untuk menjaga kebersihan sepanjang jaringan listrik agar pasokan listrik di desa Samasi dalam keadaan andal. PLN juga menghimbau agar masyarakat untuk melakukan pembayaran listrik tepat waktu dan waspada dalam menggunakan listrik,?tandasnya.(wol/rls/eko/d1)