Kenali 5 Manfaat Nonton Film Bagi Kesehatan, Apa Saja?

siaranrakyat ? Menonton film bukan hanya sekadar untuk menghibur, melainkan memberi sejumlah manfaat bagi kesehatan, khususnya mental. Penasaran apa saja berbagai manfaat menonton film bagi kesehatan? Simak ulasan lengkapnya yang sudah Waspada Online rangkum dari berbagai sumber.

1. Mampu mengatasi stress
Ketika menonton film horor, otak kita akan melepaskan hormon stress dan menggantinya dengan hormon endorphin. Hormon ini memiliki fungsi untuk membuat keadaan emosi kita menjadi lebih stabil dan bahagia. Aliran hormon endorphin ini memiliki peran sebagai penghilang rasa sakit, dan membuat stress serta kecemasan cepat turun.

2. Menumbuhkan motivasi
Manfaat menonton film lainnya yang mungkin tak Anda sadari adalah menumbuhkan motivasi. Sejenak menghentikan pikiran dari rutinitas harian untuk sesuatu yang menyenangkan bisa mengatasi kelelahan dan memotivasi Anda lebih produktif saat kembali beraktivitas. Selain itu, motivasi juga bisa terbangun saat Anda bisa mengambil pelajaran atau hikmah dari jalan cerita film yang Anda tonton.

Baca Juga :
3 Manfaat Ajaib Buah Naga yang Lagi Viral

3. Sarana relaksasi
Manfaat menonton film yang paling umum tentu saja sebagai sarana relaksasi yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Dengan menonton film, Anda bisa sejenak bersantai dari rutinitas harian.
Dikutip dari jurnal Media Psychology, film bisa menjadi media rekreasi dan hiburan yang menyenangkan sekaligus memberikan istirahat dan relaksasi.

4. Sarana pembelajaran
Tak hanya menghibur, beberapa film yang Anda tonton juga terkadang mengangkat topik yang bisa menjadi pengalaman sekaligus menggugah pikiran dan menjadi pembelajaran bagi Anda pribadi.

Manfaat lain dari menonton film juga bisa membantu Anda memahami sudut pandang orang lain sekaligus memperluas pandangan Anda, sekaligus mendidik dan mencerahkan terhadap suatu topik yang dibahas.

5. Membangun rasa percaya diri
Anda merasa kurang percaya diri saat bicara di depan umum atau bertemu orang baru? Cobalah menonton drama Korea atau film dengan tokoh atau karakter yang memiliki masalah serupa dengan Anda.

Ketika melihat karakter tersebut berjuang menangani masalah yang dialami dan berhasil mengatasinya, Anda secara tidak langsung membayangkan diri Anda melakukan hal yang sama. Dengan begitu, rasa percaya diri pun bisa muncul. (wol/berbagaisumber/syf/d2)

Baca Juga :
Fungsi Penting Hati, Mengolah Nutrisi Hingga Hilangkan Racun dalam Darah