Kenapa Asam Urat Bikin Persendian Sakit?

JAKARTA, siaranrakyat – Asam urat banyak diidap oleh masyarakat, baik yang sudah berumur atau pun yang masih muda sekalipun. Ketika asam urat kambuh dan menyerang seseorang, bahkan bisa menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan.

Tidak hanya itu, asam urat juga menyebabkan pembengkakkan atau persendian terasa sakit akibat adanya purin yang berlebih, atau sangat tinggi di dalam tubuh. Dijelaskan tenaga kesehatan, perawat Rizal Do lewat akun Twitter miliknya, @afkrml, Minggu (3/9/2023) purin sebetulnya merupakan komponen penting dari DNA dan RNA di semua sel hidup, namun akan berubah jadi racun ketika terlalu banyak ada di tubuh.

?Purin adalah zat penting yang terdapat dalam tubuh, namun akan berubah menjadi racun apabila terjadi kelebihan. Untuk itu, purin harus dipecah, sehingga asam urat bisa dikeluarkan dari tubuh,? jelas Rizal, dikutip Minggu (3/9/2023).

Baca Juga :
Sambut HUT Pertamina ke-66, Pertamina Berikan Santunan kepada Anak Yatim dan Adakan Donor Darah

Organ ginjal yang seharusnya bisa mengeluarkan asam urat dari tubuh, bisa menjadi kelelahan ketika purin di tubuh terlalu tinggi. Sehingga kristal asam urat akan menumpuk di bagian persendian, maka kristal itulah yang menyebabkan luka mikroskopis di jaringan sekitarnya sehingga memicu terjadinya suatu respon imun.(wol/okezone/eko/d2)

Baca Juga :
Respon Cepat Fatmawati Rusdi Kunjungi Langsung Penderita Gizi Buruk di Manggala