Kolaborasi Tokopedia, UPRINTIS & Dekranasda Medan Ciptakan Perempuan Tangguh di Era Digital

Ketua II TP PKK Kota Medan, Isabella Pencawan mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu M. Bobby Nasution, mengungkapkan, Pemerintah Kota Medan mendukung Tokopedia yang telah konsisten mengadakan Kelas Maju Perempuan Digital di berbagai kota, khususnya Medan.

“Mengingat pelaku industri rumahan didominasi kaum perempuan dan mempunyai peran strategis untuk membantu meningkatkan status ekonomi keluarga, sehingga keberadaan Tokopedia diharapkan dapat memberikan peluang bagi pelaku UMKM di Medan untuk perluas pasar dengan lebih efisien, tanpa perlu berpindah tempat dan tetap bisa melakukan perannya sebagai Istri dan Ibu di rumah,” katanya.

Selain memberikan pendampingan kepada UMKM pemula untuk membuka toko online, agar perempuan pelaku UMKM bisa mendapatkan panggung seluas-luasnya untuk memulai dan mengembangkan bisnis, Tokopedia menggencarkan inisiatif Hyperlocal dengan mengusung teknologi geo tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Tokopedia juga turut menghadirkan pelaku usaha Dollarnest asal Medan, Dolly Lawi yang menginspirasi para peserta KPMD dalam berbisnis secara online dan sukses merintis brand Dollarnest, yakni bisnis minuman sarang walet birdnest yang resmi hadir pada Mei 2021, serta berhasil perluas pasar melalui Tokopedia. Pada sesi diskusi, Dolly mengatakan tepat saat Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19, bisnisnya ternyata menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam menjaga imunitas. Sehingga momen tersebut mampu mendorong transaksi Dollarnest.

Baca Juga :
Suzuki Apresiasi Pelanggan Kendaraan Hybrid

“Selama menjalani bisnis ini saya menyadari bahwa di era digital kini, belanja online sangat memudahkan setiap orang. Serta, teknologi digital marketing juga harus dimanfaatkan untuk kembangkan bisnis. Dari buah pemikiran inilah saya memutuskan untuk berjualan di Tokopedia. Dengan begitu, Dollarnest lebih mudah bertemu dengan pelanggan yang tidak terbatas hanya dari Medan saja, tetapi dari pelosok Indonesia,” ucap Dolly.

Untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness Dollarnest, Dolly mengaku rutin mengikuti berbagai kampanye Tokopedia, mulai dari Serbu Official Store, WIB, Kebut Gopay, hingga Flash Sale. Bahkan Papua menjadi tujuan pengiriman terjauh yang pernah dilakukan Dollarnest.

Berkat inisiatif Hyperlocal dalam mendorong akselerasi adopsi platform digital, Tokopedia mencatat beberapa temuan menarik di Kota Medan. Beberapa kategori produk yang paling laris selama kuartal III 2023, yakni Olahraga dan Hobi, Elektronik, Rumah Tangga, Otomotif dan Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries.

Data internal Tokopedia mencatat Kecamatan Medan Labuhan, Medan Belawan, Medan Petisah, Medan Marelan dan Medan Deli sebagai kecamatan di Kota Medan dengan peningkatan jumlah transaksi tertinggi. Sedangkan, Kecamatan Medan Labuhan, Medan Marelan, Medan Kota, Medan Maimun dan Medan Polonia dengan kenaikan jumlah penjual tertinggi.

Baca Juga :
Telkomsel Rilis Paket YouTube Premium Hanya Rp 49 Ribu, Nikmati Nonton Tanpa Iklan dengan Kuota 2 GB

?Tokopedia bersama para mitra strategis, termasuk pemerintah Provinsi Sumatra Utara, bekerja sama dalam pemulihan ekonomi nasional melalui fitur layanan pajak online, khususnya bagi warga Kota Medan. Menurut data internal Tokopedia, transaksi pembayaran PBB melalui Tokopedia di Sumut pada tahun 2022 dibandingkan 2021 meningkat hampir 1,5 kali lipat. Sedangkan transaksi pembayaran E-Samsat pada tahun 2022 dibandingkan 2021 meningkat hampir 5 kali lipat,?tandasnya.(wol/rls/ eko/d2)