Kolaborasi Tokopedia, UPRINTIS & Dekranasda Medan Ciptakan Perempuan Tangguh di Era Digital

MEDAN, siaranrakyat – Berkolaborasi dengan UPRINTIS dan Dekranasda Kota Medan, Tokopedia mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD), di Karibia Boutique Hotel, Medan, Jumat (15/9/2023). Bertajuk “Ciptakan Perempuan Tangguh dan Berdaya di Era Digital”, KPMD ini dihadiri 100 UMKM lokal wilayah Sumatra Utara.

Kolaborasi melalui KPMD bertujuan untuk berbagi pengalaman mengenai peran, tantangan serta peluang yang dihadapi oleh UMKM Perempuan dalam menghadapi proses digitalisasi serta demi mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, mengatakan, selama 14 tahun ini Tokopedia melalui semangat #SelaluAdaSelaluBisa, secara konsisten terus mendukung pelaku UMKM di Indonesia, tak terkecuali para perempuan.

“Tokopedia memberikan pendampingan dan edukasi yang setara bagi perempuan dan laki-laki, salah satunya dengan memfasilitasi pelaku UMKM Indonesia, agar lebih piawai memanfaatkan teknologi digital, serta dapat mendorong perekonomian nasional,” katanya.

Menurut hasil riset LPEM FEB UI 2023 yang mengungkapkan bahwa penjual di Tokopedia mempunyai rata-rata dua pekerja. Riset tersebut juga mencatat lebih dari setengah (58,47%) dari pekerja yang diberdayakan oleh penjual di Tokopedia adalah perempuan.

Baca Juga :
Shell Indonesia Beri Anugerah ke Mahasiswa Dalam Kompetisi Inovasi Think Efficiency 2023

?Tokopedia bersama Kementerian Perempuan dan Pemberdayaan Anak (KPPPA) RI juga telah meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital demi meningkatkan daya saing perempuan pelaku UMKM,?katanya.

Modul ini tersedia secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller dan diperkenalkan kepada perempuan pelaku UMKM lewat sosialisasi offline KPMD yang diadakan di berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan KPMD ini juga merupakan manifestasi dari konsep Zero Barrier Grup GoTo yang diterapkan Tokopedia sebagai bentuk komitmen Tokopedia dalam menjadi platform yang inklusif dan dapat diakses siapa pun, serta memberikan beragam peluang untuk dapat menghasilkan mata pencaharian yang berkelanjutan, tak terkecuali perempuan.

“Kolaborasi Tokopedia dan UPRINTIS melalui KPMD diharapkan dapat menciptakan kesempatan yang setara antar gender, khususnya bagi UMKM perempuan. Kami berharap, KPMD juga dapat menjadi sebuah jawaban bagi pelaku UMKM perempuan dalam berwirausaha di era digital dan lebih tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam membangun usaha sebab industri UMKM harus menjadi raja di negeri sendiri,” ungkap Founder & CEO UPRINTIS Indonesia, Novita Hardini Mochammad.

Baca Juga :
Hadir di Kota Medan, Biznet Festival 2023 Ajak Anak Muda Tampilkan Kemampuan